Brigade Sayyid al-Syuhada: Kecil Kemungkinan AS Tarik Pasukan dari Irak Secara Sukarela

0
301

Baghdad, LiputanIslam.com –   Brigade Sayyid al-Syuhada Irak, Kadhim al-Fartusi, menyatakan kecil kemungkinan pasukan AS bersedia angkat kaki dari Irak secara sukarela.

Dalam wawancara dengan al-Alam, Sabtu (10/4), dia mengatakan, “AS datang ke Irak atas dasar permohonan pemerintahan (mantan perdana menteri Irak) Haidar Abadi agar membantu penumpasan ISIS. Masa berlaku permohonan ini telah habis dan sudah pula dibatalkan oleh keputusan parlemen.”

Dia menambahkan, “Pemerintah Adel Abdul Mahdi usai teror yang menggugurkan Syahid Qasem Soleimani dan Abu Mahdi al-Muhandis dalam sebuah notanya juga sudah menghendaki keluarnya pasukan AS dari Irak.”

Dengan demikian, menurut Al-Fartusi, keberadaan pasukan AS di Irak kini tak lagi memiliki dasar hukum sehingga satu-satunya status yang layak disandangkan pada mereka adalah “pasukan pendudukan”.

Dia menyebutkan bahwa tak seperti klaim AS, keberadaan pasukan negara ini dengan segala perlengkapan dan senjatanya hingga kini bukan sebatas asistensi, dan tentara Irak sekarang juga sudah tidak lagi memerlukan asistensi.

Dia lantas mengatakan, “AS tak melakukan tindakan apapun untuk penarikan pasukannya dari Irak, dan pasukan resistensi Irak meragukan iktidad mereka untuk keluar dari Irak.” (mm/fna)

Berita Terkait:

Kemlu Irak: Pasukan Asing akan Keluar Sesuai Jadwal 

Jenderal IRGC: Misi AS di Irak Gagal, Pasukannya akan Segera Terusir dari Kawasan

DISKUSI: