Bin Salman Minta Netanyahu Tengahi Hubungan Saudi dengan Pemerintahan Baru AS

0
89

TelAviv, LiputanIslam.com  Media Israel mengungkap permintaan Putra Mahkota Arab Saudi Mohamed Bin Salman agar Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menengahi hubungan Saudi dengan pemerintahan baru presiden terpilih Amerika Serikat (AS) Joe Biden.

Surat kabar Israel Hayom (IH) menyebutkan bahwa permintaan itu diajukan Bin Salman dalam pertemuannya dengan Netanyahu di kota Neom, Arab Saudi, pada Ahad lalu (22/11/2020) dengan harapan mediasi itu dapat mencegah sanksi pemerintahan baru AS terhadap pemerintah Saudi, terutama Bin Salman sendiri.

Menurut IH, Bin Salman kepada Netanyahu mengaku khawatir para pejabat Saudi dikenai sanksi oleh Biden terkait dengan kasus pembunuhan wartawan Saudi Jamal Khashoggi sehingga perlu dimediasi oleh Israel untuk menghindari kemungkinan tersebut, dan pertemuan itu juga menunjukkan betapa Saudi memandang Rezim Zionis sebagai “sekutu yang sangat penting dalam menghadapi Iran”.

IH menambahkan bahwa para pejabat Israel yang “tahu persis” apa yang terjadi dalam pertemuan Netanyahu dengan Bin Salman mengatakan bahwa pertemuan itu “berimplikasi besar dalam segala hal yang berkaitan dengan hubungan yang lebih dekat antara kedua belah pihak”.

Seperti diketahui, Perdana Menteri Rezim Zionis Israel, Benjamin Netanyahu, dilaporkan telah berbagai media Israel berkunjung ke Arab Saudi, pada hari Ahad lalu (dan mengadakan pertemuan dengan Putra Mahkota Saudi Mohamed bin Salman. (mm/alalam)

Baca juga:

Media Lebanon: Kunjungan Netanyahu ke Riyadh, Tikaman Terbesar Saudi ke Palestina

Media Israel Ramai-Ramai Ungkap Kunjungan Rahasia Netanyahu ke Saudi

DISKUSI: