Biden Janjikan Raja Salman Dukungan AS dalam Melawan Serangan Ansarullah Yaman

0
188

Washington, LiputanIslam.com –   Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menegaskan lagi “komitmen AS untuk mendukung” Arab Saudi melawan serangan pasukan Ansarullah (Houthi).

Hal itu dinyatakan Gedung Putih, ketika Biden berbicara melalui telepon dengan Raja Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud, Rabu (9/2).

Komitmen AS itu dinyatakan Biden ketika Ansarullah belakangan ini mengintensifkan serangan rudal balistik dan drone ke wilayah Saudi serta memulai serangan langsung dengan senjata serupa ke wilayah Uni Emirat Arab (UEA), sekutu utama Saudi dalam invasi militer ke Yaman.

“Presiden menggarisbawahi komitmen AS untuk mendukung Arab Saudi dalam membela rakyat dan wilayahnya dari serangan ini dan dukungan penuh kepada upaya yang dipimpin PBB untuk mengakhiri perang di Yaman,” ungkap Gedung Putih dalam sebuah pernyataan yang menjelaskan pembicaraan telefon tersebut.

Arab Saudi dan sejumlah sekutu regionalnya melancarkan invasi militer Yaman pada Maret 2015 dengan tujuan memulihkan pemerintahan mantan Presiden, Abd Rabbuh Mansur Hadi, dan menumpas gerakan Ansarullah yang telah menggerakkan revolusi rakyat terhadap pemerintahan Hadi.

Perang telah menjatuhkan banyak korban jiwa dan luka serta menimbulkan banyak kehancuran pada infrastruktur negara dan fasilitas publik di Yaman, termasuk rumah sakit, sekolah, masjid dan pabrik.

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) memperkirakan pada akhir 2020 bahwa perang di Yaman telah menyebabkan 233.000 kematian sejak 2015, 131.000 di antaranya adalah akibat  dampak tidak langsung perang berupa kekurangan makanan dan penyakit mematikan.

Menurut PBB, setidaknya 80 persen dari 30 juta orang Yaman membutuhkan beberapa bentuk bantuan dan perlindungan.

Ansarullah, yang didukung oleh Angkatan Bersenjata Yaman dan kelompok-kelompok rakyat, telah semakin kuat melawan pasukan pendudukan yang dipimpin Saudi, berhasil mempertahankan Yaman di depan agresi, dan membuat Riyadh dan sekutunya terperangkap dalam peperangan yang tak lagi mereka kendalikan. (mm/alalam)

Baca juga:

Pelesiran ke Tel Aviv, Wanita Saudi ini Ikut Promosikan Normalisasi Hubungan dengan Israel

Berbelasungkawa atas Kematian Bocah Rayyan di Maroko, Sanaa Ingatkan Dunia Derita Bocah Yaman

DISKUSI: