Biden akan Telepon Raja Salman, Sehari Jelang Perilisan Laporan CIA mengenai Pembunuhan Kashoggi

0
194

Washington, LiputanIslam.com – Presiden AS  Joe Biden dilaporkan akan menelepon Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz  pada hari Rabu (24/2), dan jika itu dilakukan maka menjadi kontak telepon pertama Biden dengan Salman.

Situs berita Axios yang berbasis di AS melaporkan hal tersebut dengan mengutip pernyataan sebuah sumber anonim yang menyebutkan bahwa dalam kontak telepon itu Biden akan membahas sejumlah isu yang menjadi perhatian bersama kedua pihak.

Menurut sumber itu, laporan dinas rahasia AS CIA mengenai keterlibatan Putra Mahkota Saudi Mohamed bin Salman dalam kasus pembunuhan jurnalis Saudi Jamal Khashoggi akan dirilis pada hari ini, Kamis (25/2).

Biden sebelumnya telah mengecam sikap Riyadh terhadap kasus itu dan berjanji akan memperlakukannya sebagai “negara nakal yang harus membayar harga untuk itu”. Dia juga mendesak  beberapa anggota Kongres agar menangguhkan pasokan senjata, amunisi dan kerjasama keamanan ke Arab Saudi dalam perangnya di Yaman.

Menteri Luar Negeri AS Anthony Blinken menyebut pembunuhan Khashoggi, yang terjadi di Konsulat Jenderal Saudi di Istanbul, Turki, pada 22 Oktober 2021, sebagai “tindakan tercela”.

Penasihat Keamanan Nasional AS Jake Sullivan juga mengonfirmasi bahwa laporan pembunuhan Khashoggi, yang akan dikirim oleh pemerintahan Biden ke Kongres, mencakup mekanisme pemastian adanya pertanggungjawaban hukum atas kejahatan itu.

Kepala Komite Intelijen Dewan Perwakilan Rakyat AS, Adam Schiff, telah mengajukan RUU yang bertujuan memperketat tekanan terhadap Saudi dan Presiden AS agar menindak pelaku pembunuhan tersebut. (mm/raialyoum)

Baca juga:

Gedung Putih Pastikan Biden Tak akan Diam Soal HAM di Arab Saudi

Saudi dan Israel Dilaporkan Terlibat Komunikasi Intensif untuk Hadapi Biden

 

 

DISKUSI: