Berkunjung ke Turki, Menlu Iran: Pendekatan Turki-Suriah Penuhi Interes Regional

0
208

Ankara, LiputanIslam.com   Menlu Iran Hossein Amir Abdollahian yang sedang berkunjung ke Turki menyatakan negaranya “sangat senang” atas upaya pemulihan hubungan antara Turki dan Suriah.

“Kami sangat senang melihat hubungan antara Damaskus dan Ankara berubah,” katanya dalam konferensi pers bersama Menlu Turki Mevlut Cavusoglu di Ankara, ibu kota Turki, Selasa (17/1), sembari menekankan bahwa pemulihan hubungan ini akan menjadi kepentingan kawasan dan tiga negara.

Konferensi pers antara kedua belah pihak dilakukan usai pertemuan antara delegasi Iran yang dipimpin oleh Abdullahian dan mitranya dari Turki, di mana sejumlah masalah yang menjadi perhatian bersama dibahas.

Di pihak lain, Menlu Turki Mevlut Cavusoglu menegaskan bahwa Iran memiliki peran penting dalam proses normalisasi hubungan antara Turki dan Suriah yang selama ini tegang sejak awal krisis Suriah pada 2011.

“Turki dan Iran sangat mendukung integritas teritorial dan kesatuan politik Suriah,” imbuhnya.

Menyinggung apa yang disebutnya “provokasi organisasi teroris PKK (Partai Pekerja Kurdi) di Swedia, Cavusoglu mengatakan,  “Jika Swedia berpikir itu mengganggu kita dengan bermain kata maka itu menipu dirinya sendiri.”

Dia juga menegaskan, “Entah Anda akan menjadi korban terorisme (PKK), atau kami akan melanjutkan implementasi nota segi tiga berdasarkan pemikiran tentang keamanan kami semua.”

Dalam kunjungan ke Ankara, Menlu Iran juga menemui Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. (mm/irna)

Baca juga:

Putin dan Erdogan Bahas Pemulihan Hubungan Ankara-Damaskus

Erdogan Minta Putin Mediasi Ankara-Damaskus, Apa Motifnya?

DISKUSI: