Berkunjung ke Moskow, Hamas: Ada Peluang Perubahan Status Quo Tatanan Global

0
178

Beirut, LiputanIslam.com  Anggota Biro Politik Hamas Mousa Abu Marzook mengenai kunjungan delegasi Hamas ke Moskow menyatakan bahwa Rusia berperan menjaga kepentingan Palestina, dan kunjungan itu dijadwalkan sebelum terjadi ketegangan antara Rusia dan Israel.

Kepada saluran Al-Mayadeen yang berbasis di Lebanon, Kamis (5/5), Abu Marzook mengatakan bahwa sekarang perimbangan baru sedang diterapkan dalam tananan global.

“Ada peluang untuk mengubah status quo dalam sistem global untuk kepentingan kaum tertindas di dunia. Entitas Israel adalah produk sampingan dari kontrol Barat atas dunia, dan setiap perubahan dalam sistem global memengaruhi masa depan entitas ini,” ujarnya.

Dia juga mengatakan, “Kami berharap banyak dari kunjungan kami ke Rusia, dan kami mengkonfirmasi bahwa Moskow berperan dalam menjaga kepentingan Palestina.”

Dia menjelaskan, “Moskow berkomunikasi dengan semua pihak Palestina, dan mampu memainkan peran dalam reunifikasi…. Pemahaman regional antara Rusia dan entitas Zionis, terutama di Suriah, akan terpengaruh oleh hasil konfrontasi Rusia dengan Barat.”

Dia menekankan bahwa eskalasi Israel di Masjid Al-Aqsha dan Tepi Barat diimbangi dengan kebijakan Palestina yang slogannya adalah “Tak ada ketenangan dan stabilitas tanpa hak Palestina”, dan bahwa tempat, waktu dan peringatan “hanya alat, dan yang paling penting, kami tidak akan membiarkan pengusikan Masjid Al-Aqsha dan serangan Israel.”

Sebelumnya di hari yang sama, delegasi Hamas pimpinan Abu Marzouk selaku kepala kantor hubungan internasional Hamas mengadakan pembicaraan Wakil Menteri Luar Negeri Rusia dan Utusan khusus Presiden untuk Timur Tengah, Mikhail Bogdanov, dan para pejabat lain di Guest Palace Kementerian Luar Negeri Rusia.

Kunjungan delegasi Hamas ke Moskow ini dilakukan ketika hubungan Rusia dengan Israel sedang tegang  terkait dengan operasi militer Rusia di Ukraina. (mm/almayadeen)

Baca juga:

Kremlin Bantah Putin Minta Maaf atas Pernyataan Menlunya bahwa Hitler Berdarah Yahudi

[Video:] Tiga Orang Israel Tewas Diserang Pejuang Palestina

DISKUSI: