Berdalih ISIS Sudah Melemah, Tentara AS Angkat Kaki dari Sebuah Pangkalan Militer di Irak

0
183

Baghdad,LiputanIslam.com-Jenderal Kenneth Ekman (Wakil Komandan Koalisi Anti-ISIS) dalam sebuah konferensi pers daring menyatakan, tidak ada lagi ketakutan akan kemunculan ISIS di Irak. Dia mengklaim, sisa-sisa ISIS di Irak tak lebih dari bayangan belaka.

“Bahkan jika Koalisi Internasional mengetahui bahwa ISIS tidak akan lenyap sepenuhnya, melemahnya ISIS tetap mengizinkan kami untuk mengurangi kehadiran kami di Irak,”kata Ekman kepada para jurnalis di Pentagon.

Menurutnya, Pasukan Irak jauh lebih kuat dari ISIS, sehingga Pasukan Koalisi bisa mengurangi jumlah pasukannya. Koalisi Internasional praktis telah menyerahkan sejumlah pangkalan militer ke Tentara Irak. Rencananya, pangkalan latihan Basmayah di dekat Baghdad akan diserahkan kepada Tentara Irak pada Sabtu lusa (25/7).

“Jumlah Pasukan AS, yang membentuk sebagian besar pasukan koalisi di Suriah dan Irak, akan dikurangi secara bertahap dan dengan koordinasi bersama Pemerintah Irak,”papar Ekman.

Pada 18 Maret lalu, Koalisi ini telah memulai perundingan dengan Pemerintah Irak untuk keluar dari pangkalan al-Qaim, yang merupakan salah satu pangkalan penting AS di negara tersebut.

Para pakar menilai, keputusan AS untuk keluar dari sejumlah pangkalan militer disebabkan kekhawatiran Washington akan meningkatnya serangan terhadap pasukannya, menyusul kemarahan rakyat Irak atas keberadaan Pasukan AS di negara mereka. Dengan melihat serangan-serangan dalam setahun terakhir, pangkalan-pangkalan itu dinilai tidak memenuhi syarat untuk melindungi keamanan Pasukan AS. (af/alalam)

Baca Juga:

Mantan Dirjen MOSSAD: Israel Tak Mampu Cegah Iran Menjadi Negara Nuklir

PM Irak: Arahan dan Nasihat Ayatullah Khamenei Ibarat Kunci Mengatasi Masalah

DISKUSI: