PM Irak: Arahan dan Nasihat Ayatullah Khamenei Ibarat Kunci Mengatasi Masalah

0
133

Teheran,LiputanIslam.com-Perdana Menteri Irak menyebut pertemuannya dengan Pemimpin Tertinggi Iran sebagai kebahagiaan besar. Musfata al-Kadhimi menyampaikan apresiasi atas sikap dan dukungan Iran terhadap Irak di berbagai periode, terutama di masa perang melawan ISIS dan kelompok takfiri.

“Rakyat Irak tak akan pernah melupakan dukungan-dukungan Iran. Faktanya, darah orang-orang Irak dan Iran telah bercampur satu sama lain dalam memerangi kelompok takfiri,”kata al-Kadhimi.

“Hubungan Iran dan Irak adalah sebuah hubungan historis, budaya, dan keagamaan yang mendalam dan lama, yang berlandaskan kecintaan dan penghormatan terhadap Ahlulbait.”tandasnya.

Ditujukan kepada Ayatullah Ali Khamenei, al-Kadhimi mengatakan,”Arahan dan nasihat Anda ibarat kunci untuk menyelesaikan persoalan. Saya sangat berterima kasih dan mengapresiasi bimbingan-bimbingan Anda.”

Sementara itu, dalam pertemuannya dengan Presiden Iran Hassan Rouhani, al-Kadhimi menyebut hubungan Irak-Iran sebagai hubungan yang jauh lebih tinggi dari hubungan biasa antara dua negara tetangga.

“Republik Islam Iran dan Republik Irak memiliki keseragaman strategis. Ikatan erat antara dua bangsa adalah tiang kuat bagi hubungan strategis ini,”kata al-Kadhimi.

Dalam pertemuan itu, Rouhani dan al-Kadhimi sepakat untuk membentuk Komite Gabungan guna mempercepat implementasi kesepakatan-kesepakatan antara kedua negara. (af/alalam)

Baca Juga:

Dikunjungi PM Irak, Ayatullah Khamenei Pastikan Iran akan Balas Darah Jenderal Soleimani

[Video] Satu Pejuang Hizbullah Terbunuh, Media Israel: Awas Balasan

DISKUSI: