Berbagai Negara, Termasuk Inggris, Mengutuk Pembunuhan Ilmuwan Nuklir Iran

0
131

Teheran, LiputanIslam.com –   Berbagai negara, termasuk Inggris dan Rusia, mengecam aksi teror terhadap Mohsen Fakhrizadeh, fisikawan dan pejabat Kementerian Pertahanan Iran yang gugur pada Jumat pekan lalu.

Pemerintah Inggris melalui Menteri Luar Negeri Dominic Raab, mengomentari peristiwa tragis itu dengan menyatakan, “Dunia sedang menerapkan hukum humaniter internasional, yang sangat jelas, dalam posisinya menentang penargetan warga sipil.”

Dia menyatakan keprihatinannya atas perkembangan ini dan meningkatnya ketegangan di kawasan Timur Tengah menyusul tragedi tersebut.

Dari Negeri Beruang Merah, Ketua Komite Urusan Luar Negeri Duma Rusia, Leonid Slutsky, menyebut kejahatan itu sebagai serangan teror yang bertujuan melakukan provokasi baru terhadap Iran. Dia menegaskan bahwa Rusia mengutuk kejahatan tersebut.

Dari Negeri 1001 Malam, Menteri Luar Negeri Irak Luar Negeri Fuad Hussein menyampaikan takziah negaranya kepada mitranya dari Iran, Muhammad Javad Zarif, atas gugurnya Fakhrizadeh. Keduanya juga membicarakan ihwal implikasi peristiwa berdarah ini bagi keamanan regional dan internasional.

Dari Muscat, Menteri Luar Negeri Kesultanan Oman, Badr bin Hamad Al-Busaidi, dalam kontak  telefon dengan Jawad Zarif menyampaikan belasungkawa kepada pemerintah dan rakyat Iran atas tragedi itu sembari menegaskan penolakan negaranya terhadap segala bentuk aksi teror. Dia juga menyatakan bahwa serangan itu melanggar undang-undang humaniter dan hukum internasional.

Dari Yaman, Menteri Pendidikan di Sanaa, Hussain Hazib, ketika menyambut Duta Besar Iran untuk Yaman Hasan Erlo, menyatakan bahwa serangan kejam itu dilakukan tak lain karena kebencian otak pelakunya terhadap fakta bahwa kemajuan Iran tak terbendung oleh sanksi-sanksi Amerika Serikat dan sekutunya.

Di pihak lain, Erlo mengatakan bahwa “Poros Resistensi” yang dipimpin Iran pasti akan menang karena konsisten berjuang di pihak yang benar.

Uni Emirat Arab (UEA) yang hubungannya dengan Iran belakangan ini terusik oleh normalisasi hubungan UEA dengan Israel juga turut mengecam serangan itu sembari mengimbau segenap pihak agar menahan diri.

Kementerian Luar Negeri UEA dalam sebuah statemennya menyatakan, “Bertolak dari keyakinan yang mendalam kepada keharusan mencari semua komponen stabilitas di kawasan, Abu Dhabi mengutuk kejahatan pembunuhan Tuan Mohsen Fakhrzadeh yang dengan sendirinya dapat menyulut konflik di kawasan.” (mm/rta/alalam)

Baca juga:

Ilmuwan Iran Diteror, Sumber Zionis Minta Dunia Berterima Kasih kepada Israel

Mencengangkan, Begini Detik-Detik Serangan Teror yang Menggugurkan Ilmuwan Nuklir Iran

 

 

DISKUSI: