Bentrokan di Tepi Barat, Satu Orang Palestina Gugur Ditembak Pasukan Israel

0
217

Ramallah, LiputanIslam.com –  Satu pemuda Palestina gugur syahid dan puluhan lainnya menderita luka-luka dalam bentrokan massa Palestina dengan pasukan Zionis Israel di Tepi Barat, Jumat (24/9).

Kementerian Kesehatan Palestina dalam siaran persnya mengumumkan bahwa satu orang Palestina gugur diterjang peluru tajam di bagian kepalanya dalam peristiwa bentrokan dengan tentara Israel di distrik Bita, Nablus, Tepi Barat.

Beberapa sumber menyebutkan bahwa korban bernama Mohammad Ali Khabisa, 28 tahun, itu gugur saat  dilarikan ke rumah sakit Al-Najah di Nablus ketika menderita luka parah.

Dilaporkan pula beberapa orang Palestina juga menderita luka-luka dalam bentrokan tersebut dan bentrokan lain di desa Kfar Qadum di Qalqilya.

Orang-orang Palestina belakangan ini menggelar unjuk rasa setiap hari Jumat di berbagai kawasan Tepi Barat untuk menandai protes mereka terhadap perluasan permukiman Zionis dan perampasan tanah orang-orang Palestina oleh Israel.

Sementara itu, Gerakan Perlawanan Islam Palestina (Hamas) dan Front Rakyat untuk Pembebasan Palestina (PFLP) menyatakan berbela sungkawa atas gugurnya Mohammad Ali Khabisa, dan menegaskan komitmen keduanya pada opsi resistensi.

Hamas menyatakan, “Kami menegaskan bahwa opsi resistensi dengan semua bentuknya, terutama bersenjata, sanggup menyakiti musuh, mengusir rezim pendudukan dan para imigrannya, membebaskan tawanan, dan menjaga hal-hal yang disucikan.”

Sedangkan PFLP menegaskan, “Darah Syahid Mohammad Khabisa dan semua syuhada bangsa kami yang telah tampil di berbagai arena konfrontasi menghadapkan semua orang Palestina pada realisasi persatuan barisan dan kemufakatan atas program resistensi yang terus menyempurna dengan semua bentuknya.”

Berbagai perkiraan dari pihak Israel maupun Palestina menyebutkan adanya sekira 650 imigran Zionis Yahudi di Tepi Barat, termasuk kota suci Quds (Baitul Maqdis/Yerussalem). (mm/raialyoum)

Baca juga:

Hamas Sebut Israel Berikan Sinyal Positif soal Pertukaran Tawanan

Israel Tempatkan Perangkat Spionase di Selatan Yaman

DISKUSI: