Hamas Sebut Israel Berikan Sinyal Positif soal Pertukaran Tawanan

0
263

Gaza,LiputanIslam.com-Setelah dianggap memperlambat proses pertukaran tawanan, Israel disebut Hamas telah mulai bertindak aktif untuk menuntaskan kesepakatan tersebut.

Wakil Ketua Hamas di luar negeri, Musa Abu Marzouq mengabarkan bahwa “telah terjadi dinamika mendasar dalam masalah ini”. Menurutnya, jika Rezim Zionis menyepakati tuntutan-tuntutan Hamas, proses pertukaran tawanan akan siap dilaksanakan dalam beberapa pekan mendatang.

Ia menegaskan, masalah pertukaran tawanan harus dipisahkan dari masalah rekonstruksi Gaza.

Menurutnya, sebelum ini Israel mewacanakan syarat pembebasan tawanan Israel untuk menyelesaikan semua masalah politik dan sosial. Menurut Abu Marzouq, salah satu penyebab Israel berpaling kepada pertukaran tawanan adalah lawatan delegasi keamanan Israel ke Kairo.

Beberapa hari lalu, sebuah kanal televisi resmi Israel mengabarkan, sebuah jet pribadi telah terbang dari Tel Aviv menuju Kairo.

Jurnalis Radio MAKAN, Simon Aran, menyinggung keberadaan seorang pejabat Israel di dalam jet tersebut dan mengatakan, belum diketahui pejabat mana yang terbang menuju Kairo itu.

“Ini adalah sebuah perjalanan istimewa, sebab dilakukan saat hari raya yang biasanya tidak ada penerbangan dilakukan di hari itu,” kata Aran.

Para pengamat politik mengaitkan perjalanan ini dengan kabar-kabar terkait peta jalan yang diajukan Hamas kepada Mesir soal pertukaran tawanan dengan Israel.

“Kami memiliki sebuah peta jalan yang telah diserahkan kepada para mediator, yang telah berbicara dengan Hamas soal masalah ini. Kini bola ada di lapangan Israel. Jika Rezim Penjajah ingin memulangkan para serdadunya dan menjalankan pertukaran tawanan, semua tahu apa yang diinginkan kubu Resistansi. Musuh harus memenuhi semua syarat-syarat kami,”kata anggota Kantor Politik Hamas, ZahirJabbarin. (af/alalam)

Baca Juga:

Iran Nyatakan Adanya Kemajuan dalam Perundingan dengan Saudi tentang Keamanan Teluk

Kisah Tahanan Palestina: Gali Terowongan 9 Bulan, Tertangkap secara Kebetulan

DISKUSI: