Israel Tempatkan Perangkat Spionase di Selatan Yaman

0
234

Sanaa,LiputanIslam.com-Pulau Socatra di selatan Yaman pada Kamis malam (23/9) menjadi saksi bentrokan antara milisi pro-UEA dan pasukan Pemerintahan Mansour Hadi.

Menurut laporan al-Khabar al-Yamani, masalah bermula ketika milisi pro-UEA menghalangi aparat intelijen Pemerintahan Hadi memeriksa muatan sebuah kapal. Milisi pro-UEA lalu memindahkan muatan kapal ke pangkalan militer milik Abu Dhabi.

Sumber-sumber lokal menyatakan, milisi Dewan Transisi Selatan, yang berjumlah banyak, telah mengepung sekitar pelabuhan Socatra dan menghalangi pemeriksaan atas kapal. Menurut para sumber, muatan di dalam kapal itu adalah perangkat spionase milik Rezim Zionis. Namun dengan mengecek situs-situs pelacak pergerakan kapal-kapal, tidak diketahui dari mana kapal itu berangkat. Yang disebutkan hanyalah tempat kapal itu berlabuh.

Mengutip dari sumber-sumber lokal, al-Khabar al-Yamani mengabarkan bahwa di kapal itu terdapat kontainer-kontainer berbendera Israel. Kontainer-kontainer itu diturunkan dengan penjagaan ketat. Disinyalir bahwa kontainer-kontainer itu berisi perangkat spionase milik Rezim Zionis.

Sebelum ini sudah terbetik kabar soal rencana Tel Aviv untuk menempati Pulau Socotra; pulau yang berdekatan dengan Teluk Aden dan Bab al-Mandeb.

Pulau ini terletak di barat laut Samudera Hindia dan berdekatan dengan lalu lintas perdagangan penting di Laut Merah. Pulau ini juga berdekatan dengan Tanduk Afrika dan Selat Bab al-Mandeb. Sebab itu, pulau ini sangat strategis dari sisi perdagangan dan militer. (af/alalam)

Baca Juga:

Hamas Prioritaskan Pembebasan 6 Tahanan Palestina di Gilboa

Ketua Parlemen Iran: Pasukan Kami Sudah Berdiri di Perbatasan Israel

DISKUSI: