Bentrok di Masjid Al-Aqsa, Empat Warga Zionis Terluka

0
223

Quds, LiputanIslam.com –  Kerusuhan dan bentrokan antara para pemuda Palestina di satu pihak dan warga serta pasukan Zionis Israel di pihak lain melanda area sekitar Masjid Al-Aqsa pada Ahad malam (18/7).

Dalam dua serangan terpisah, para pemuda Palestina  menyerang dengan melempari dua mobil sebagai reaksi atas aksi provokatif warga Zionis Israel. Serangan itu mengakibatkan empat warga Zionis menderita luka, yang meskipun dilaporkan ringan namun dilarikan ke rumah sakit.

Media Israel melaporkan bahwa sejak Ahad pagi sebanyak 1210 warga Zionis dan 20 personil intelijen Israel mendatangi komplek Masjid Al-Aqsa, dan dalam peristiwa ini pasukan Israel yang dibantu warga Zionis telah menyerang orang-orang Palestina yang mencoba bertahan di dalam komplek.

Warga Zionis menyerbu komplek Masjid Al-Aqsa pada peringatan apa yang mereka sebut “Kerusakan Kuil” . Pasukan Zionis melindungi aksi mereka dengan membubarkan orang-orang Palestina yang berkonsentrasi di dalam komplek.

Dilaporkan pula bahwa pasukan Israel juga meringkus sejumlah pemuda Palestina yang melancarkan protes terhadap aksi tersebut.

Polisi Israel mulai memperkenankan warga Zionis beraksi di komplek Masjid Al-Aqsa pada tahun 2003 meski berulangkali dikutuk oleh Kantor Wakaf Islam di Quds.

Aksi itu melanggar hukum internasional yang telah menyerahkan wakaf-wakaf Islam di Quds, termasuk Masjid Al-Aqsa, kepada kewenangan Kementerian Wakaf Yordania. (mm/wafa)

Baca juga:

Jihad Islam Palestina: Kami akan Bertempur Jika Mediasi Gagal Pecahkan Blokade Gaza

Israel Gagal Jebak Pejuang Hamas Lantaran Sopir-sopir Palestina Mogok Kerja

DISKUSI: