Bentrok dengan Pasukan Zionis di Tepi Barat, Ratusan Orang Palestina Cedera

0
287

Nablus, LiputanIslam.com –  Ratusan orang Palestina menderita cedera akibat bentrok dengan pasukan Zionis Israel di distrik Bita di selatan Nablus dan berbagai daerah lain di Tepi Barat, Jumat (2/6).

Bentrokan itu terjadi ketika usai shalat Jumat warga Palestina menggelar unjuk rasa protes terhadap pembangunan permukiman Zionis.

Lembaga Bulan Sabit Merah Palestina mencatat bahwa akibat bentrokan di Bita sedikitnya delapan orang Palestina luka terkena tembakan peluru karet, dua lainnya luka diterjang peluru tajam dan lebih dari 240 orang mengalami cedera dan sesak nafas akibat menghirup gas air mata.

Di hari yang sama, para pemukim Zionis menyerang dengan mencabut dan menebang puluhan pohon di ladang warga Palestina di selatan Nablus.

Selain itu, pasukan Zionis menyerang konsentrasi warga Palestina yang memrotes pembangunan permukiman Zionis di kawasan Masafer Yatta di selatan Al-Khalil (Hebron), Tepi Barat.

Pasukan Zionis menembakkan gas-gas air mata dan granat kejut ke arah puluhan massa pemrotes, namun massa tetap berusaha melanjutkan aksinya dan mengutuk apa yang mereka sebut pembersihan etnis yang dilakukan Rezim Zionis Israel terhadap orang-orang Palestina.

Di daerah Beit Dajn di timur Nablus pasukan Zionis menyerang aksi pawai warga Palestina yang memrotes proyek permukiman Zionis.

Peristiwa serupa juga terjadi di Al-Ras di barat kota Salfit dan di kota Tubas, menyebabkan sejumlah orang Palestina cedera terkena peluru karet dan gas air mata yang dilepaskan oleh pasukan Zionis.

Di kota Quds (Baitul Maqdis/Yerussalem), pasukan Zionis merepresi warga Palestina yang menggelar aksi solidaritas untuk saudara-saudara mereka di distrik Silwan yang rumahnya terancam akan dihancurkan oleh Israel.

Di Al-Khalil, warga Palestina masih terus menggelar unjuk rasa protes terhadap Otoritas Palestina (PA) atas tewasnya aktivis HAM Palestina Nizar Banat di tangan aparat keamanan PA. (mm/palestinetoday/fna)

Baca juga:

Israel Serbu Perkampungan Silwan di Quds dan Gusur Warganya

Pakar Israel: Citra  Otoritas Palestina Makin Terpuruk, Reputasi Hamas Melejit

 

DISKUSI: