Damaskus, LiputanIslam.com –  Tentara Suriah membebaskan sejumlah daerah di bagian tenggara provinsi Idlib setelah terlibat pertempuran sengit dengan kawanan teroris yang tersebar di sana, terutama Jabhat al-Nusra, Sabtu (21/12/2019).

Tentara Suriah menggelar operasi strategis gerak cepat di musim dingin dan lantas berhasil membebaskan banyak daerah, termasuk Tal Dam yang strategis dan distrik al-Sayadi setelah bertempur dengan kelompok Anjad al-Kaukaz yang berafiliasi dengan Jabhat al-Nusra.

Pertempuran itu menewaskan banyak teroris dan membuat kawanan yang masih hidup kabur meninggalkan lokasi. Tentara Suriah kemudian bergerak maju lagi dan membebaskan desa-desa Um al-Tainah, Madirasah, dan Burnah serta menghancurkan beberapa markas dan kubu pertahanan teroris dan membasmi sejumlah besar teroris.

Bersamaan dengan ini, artileri dan pasukan udara Suriah menggempur desa Samkah, Balsam, dan Qatrah di tenggara provinsi Idlib.

Operasi ini dilancarkan beberapa jam setelah tentara Suriah membebaskan 11 desa dan sebuah bukit strategis di selatan provinsi tersebut, dan berusaha maju untuk membebaskan kota strategis Ma’rah al-Nu ‘man.

Baca: Al-Hashd al-Shaabi Nyatakan ISIS Bawa Senjata Kimia dari Suriah ke Irak

Sumber militer menjelaskan bahwa operasi militer itu bertujuan membuka jalur internasional Aleppo –Damaskus, dan dimulai dari dua poros, yaitu poros Sinjar di tenggara Idlib dan poros al-Khuwain yang berada di bawah administrasi kota Ma’rah al-Nu’man di selatan Idlib.

Kawanan teroris menembakkan roket-roketnya ke desa-desa Jurain, Naur Jurain, dan Ain Salimu di kawasan Sahl al-Ghab di barat Hama setelah mereka melancarkan tiga serangan serempak ke fasilitas minyak di provinsi Homs.

Baca: ISIS Eksis lagi di Selatan Deir Ezzor, atau Akal-Akalan AS?

Kementerian Perminyakan dan Sumber Daya Alam Suriah menyebutkan bahwa mereka menyerang instalasi penyulingan minyak dan pabrik gas hingga menimbulkan kerusakan pada unit-unit produksi, namun para teknisi sudah memulai proses perbaikan. (mm/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*