BBC Akui Kebohongan Laporan Serangan Kimia di Suriah

0
282

Gaza, LiputanIslam.com –  Jaringan berita BBC yang berbasis di London, Inggris, akhirnya mengakui kepalsuan klaim serangan kimia di Duma, Suriah, setelah ada pengaduan dari seorang jurnalis Inggris sendiri tentang ini.

BBC mengakui bahwa laporan “dokumenter” mengenai apa yang disebutnya serangan kimia di Duma pada tahun 2018 memiliki banyak kekurangan serius.

Jaringan berita RT milik Rusia, Senin (6/9), melaporkan bahwa pengakuan itu dinyatakan BBC setelah jurnalis dan penulis Inggris Peter Hitchens mengadukan  BBC ke pengadilan karena, menurutnya, telah menyiarkan laporan hoax dan tidak mengindahkan beberapa kaidah jurnalistik ketika membuat laporan dokumenter tersebut.

Unit Pengaduan Ekskutif (ECU) BBC mengakui kebenaran tuduhan-tuduhan yang diajukan oleh Hitchens, dan dewan hakimpun sepakat bahwa laporan tersebut mengandung klaim-klaim palsu sehingga tak memenuhi standar editorial.

Usai mendapat konfirmasi, Hitchens mengatakan, “Ini merupakan satu kemenangan besar bagi fakta. Saya beruntung, karena BBC sekarang menyatakan memahami laporan-laporan yang saya susun semata demi menelusuri fakta.”

Laporan dokumenter BBC tersebut merupakan bagian dari program serial mengenai berbagai dimensi perang Suriah yang antara lain disertai kampanye anti-Suriah melakui hoax serangan bom kimia pada tahun 2018  di mana seorang mantan inspektur Organisasi Pelarangan Senjata Kimia (OPCW), yang dikenal dengan nama samaran Alex, berperan dalam pengungkapan fakta. (mm/alalam)

Baca juga:

Rusia: Suriah Rontokkan 21 dari 24 Rudal Israel dalam Serangan Terbaru

Iran: Jangan Coba Cegah Pengiriman Minyak Iran ke Lebanon

DISKUSI: