Rusia: Suriah Rontokkan 21 dari 24 Rudal Israel dalam Serangan Terbaru

0
260

Damaskus, LiputanIslam.com –  Pusat Rekonsiliasi Rusia di Suriah menyatakan bahwa sistem pertahanan udara Suriah telah merontokkan 21 dari total 24 rudal yang ditembakkan Israel dalam serangan udara ke Suriah pada dini hari Jumat (3/9).

Wakil Kepala Pusat Rekonsiliasi Rusia di Suriah Brigjen Vadim Kolet dalam jumpa pers, Jumat, mengatakan, “Pada sekitar pukul 1.30 tanggal 3 September, empat jempur taktis Angkatan Udara Israel menembakkan 24 rudal dari zona udara Lebanon ke arah sasaran-sasaran di wilayah Republik Arab Suriah.”

Dia lantas menyebutkan bahwa pasukan pertahanan udara Suriah berhasil merontokkan 21 rudal di antaranya dengan menggunakan sistem Buk M2I dan Pantsir S-1 buatan Rusia.

Di pihak lain, Jubir Pasukan Pertahanan Israel (IDF) Avochai Adraee menyatakan bahwa sebuah rudal anti pesawat udara yang ditembakkan dari wilayah Suriah telah jatuh dan meledak di laut.

Dia juga menyebutkan bahwa juga telah ditemukan serpihan rudal di permukaan tanah Israel dan telah dikemas oleh polisi.

Berbagai media Suriah melaporkan bahwa pada dini hari Jumat sistem pertahanan udara Suriah telah beroperasi dan menghadapi rudal-rudal penyerang di angkasa Damaskus, ibu kota Suriah, hingga terdengar suara-suara ledakan dari angkasa.

Sumber militer Suriah mengatakan, “Pada sekitar pukul 1.26 dini hari Jumat Israel telah melancarkan agresi udara dari arah tenggara Beirut ke arah beberapa titik di sekitar kota Damaskus. Sebagian besar rudal penyerang berhasil dirontokkan, dan serangan ini hanya menimbulkan kerusakan materi.” (mm/rt)

Baca juga:

Suriah Tangkis Serangan Udara Israel

Iran: Jangan Coba Cegah Pengiriman Minyak Iran ke Lebanon

DISKUSI: