Balas Kecam AS, Iran Tegaskan Haknya Berpastisipasi dalam Pameran Senjata di Qatar

0
380

Teheran, LiputanIslam.com –  Pemerintah Iran, Sabtu (27/3), bereaksi terhadap komentar negatif pemerintah Amerika Serikat (AS) mengenai partisipasi Iran di pameran pertahanan di Doha, Qatar, beberapa waktu lalu.

Jubir Kementerian Luar Negeri Iran Saeed Khatibzadeh menegaskan bahwa Iran dan Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) berhak berpartisipasi dalam acara tersebut dan bahwa komentar negatif AS justru “semakin mendiskreditkan otoritas Washington” sendiri.

Pada 24 Maret lalu Jubir Kemlu AS Ned Price memperingatkan kemungkinan penerapan sanksi setelah pejabat militer Iran ambil bagian, membuka stand, dan memajang senjata dan peralatan militer buatan Iran pada Pameran dan Konferensi Pertahanan Maritim Internasional Qatar, DIMDEX 2022.

Price menyebut Washington “sangat kecewa dan terganggu dengan kehadiran pejabat militer Iran” serta “pejabat” IRGC dalam acara tersebut.

Khatibzadeh menanggapinya dengan mengatakan bahwa sebagaimana negara lain, Iran berhak mempromosikan atau menampilkan kemampuan pertahanannya di depan khalayak, terutama di negara-negara tetangga yang bersahabat.

Mengenai IRGC yang sangat dimusuhi AS, dia mengatakan, “Sebagai pilar militer Republik Islam Iran, IRGC memainkan peran mendasar dalam peningkatan kemampuan pertahanan negara dan sangat wajar hadir secara aktif dalam pameran pencapaian tersebut.”

Khatibzadeh balik menyudutkan AS dengan mengatakan, “Apa yang sebenarnya menjadi keprihatinan adalah kehadiran luas militer AS di Teluk Persia, yang telah membuat kawasan ini benar-benar tidak aman.”

Dia menambahkan, “Kami telah berulang kali menekankan bahwa keamanan yang berkelanjutan di Asia Barat (Timteng)  hanya dapat dibangun oleh penduduknya sendiri dan melalui kerjasama dan kemitraan di antara mereka, sementara kehadiran pasukan asing merupakan ancaman abadi bagi keamanan regional.” (mm/presstv)

Berita Terkait:

AS Gusar Iran Pamerkan Rudal-rudalnya di Qatar

Mengejutkan, Iran Jajakan Senjata Buatannya di Ekspo Pertahanan Qatar

DISKUSI: