AS Gusar Iran Pamerkan Rudal-rudalnya di Qatar

0
339

Doha,LiputanIslam.com-Kantor berita Inggris, Reuters, pada hari Rabu lalu melaporkan partisipasi Iran di DIMDEX. Dalam laporannya, Reuters menyebut Iran memamerkan kekuatan rudalnya di pameran tersebut.

Menurut Reuters, perwakilan militer Iran memajang sejumlah model rudalnya di pameran pertahanan di Qatar, yang notabene adalah pangkalan militer terbesar AS di Timteng.

Partisipasi Iran ini dilakukan bersamaan dengan sejumlah perkembangan di Kawasan, termasuk upaya untuk menghidupkan kembali JCPOA dan adanya kekhawatiran dari sebagian negara.

Reuters menilai bahwa keikutsertaan Iran dalam situasi semacam ini cukup menarik perhatian.

Sembari menyinggung bahwa wakil Iran tidak melakukan wawancara dengan Reuters, kantor berita ini melaporkan bahwa Iran memasang poster besar sebuah speedboat dengan satuan komandonya di standnya.

ashington melalui Jubir Kemenlu AS, Ned Price mengungkapkan “keprihatinan dan kekhawatiran” atas hal tersebut.

“Kami secara mendalam prihatin dan khawatir atas kehadiran pejabat militer Iran dan laporan-laporan terkait keberadaan para perwira IRGC di DIMDEX,”kata Price dalam statemennya, Kamis (24/3)..

“Mengingat bahwa Iran adalah ancaman terbesar untuk stabilitas maritim di kawasan Teluk (Persia), kami menentang keras kehadiran mereka di pameran ini,”lanjut Price.

“Transaksi terkait senjata-senjata Iran bisa dijatuhi sanksi sesuai berbagai UU AS, termasuk sanksi yang berkenaan dengan terorisme dan senjata pemusnah massal,”pungkasnya. (af/fars)

Baca Juga:

Mengejutkan, Iran Jajakan Senjata Buatannya di Ekspo Pertahanan Qatar

AS Ngotot Hadapi Iran dengan Sanksi dan Sabotase, Murphy: Pasti Gagal

DISKUSI: