Badan Pengawas PBB: Iran Sudah Punya Uranium Cukup Untuk Membuat Bom Nuklir

0
30

Wina, LiputanIslam.com  Para pengawas nuklir menyatakan bahwa persediaan uranium yang diperkaya Iran telah meroket, dan bahwa negara republik Islam ini terus meletakkan dasar untuk pengembangan kapasitas produksi bahan bakar nuklirnya secara signifikan.

Badan Energi Atom Internasional (IAEA)  menyatakan Iran sekarang hampir mengatasi hambatan penting dalam produksi bahan untuk membuat senjata nuklir.

Iran sekarang memiliki sekitar 43 kilogram uranium yang diperkaya hingga 60%, kenaikan sekitar 10 kilogram sejak Maret, ungkap IAEA dalam laporan triwulanan yang didapat oleh Wall Street Journal, Reuters, dan AFP Senin (31/5).

Mengutip pernyataan sumber diplomatik, Reuter melaporkan bahwa angka tersebut melampaui jumlah uranium yang dianggap IAEA cukup secara teori untuk membuat alat peledak,  meskipun di dunia nyata, beberapa bahan akan hilang karena semakin diperkaya.

Untuk mencapai tingkat senjata, bahan tersebut harus mencapai setidaknya 90% pengayaan,yang berarti 90% uranium termasuk dalam isotop langka dan lebih fisil yang disebut uranium-235, tapi prosesnya menjadi lebih mudah seiring dengan meningkatnya tingkat pengayaan.

Iran sudah lama dan berulangkali menegaskan program nuklirnya bertujuan damai

Menurut beberapa pemberitaan, sebuah laporan terpisah IAEA pada Senin menyebutkan bahwa para pejabat Iran belum memberikan jawaban yang “secara teknis kredibel” atas pertanyaan lama tentang mengapa bahan nuklir lama ditemukan di beberapa lokasi di Iran. (mm/raialyoum/forbes)

Baca juga:

Iran Ancam Balas, Israel Larang Warganya Kunjungi Negara Tetangga Iran

Dua Jenderal Iran Bicara Tentang Besarnya Kemampuan Iran di Bidang Drone Militer

DISKUSI: