Ayatullah Khamenei: Perusuh Berlagak Protes Kelemahan, Padahal Ingin Hancurkan Kekuatan

0
92

Teheran, LiputanIslam.com   Pemimpin Besar Iran Ayatullah Sayid Ali Khamenei, Senin (9/1) menyatakan bahwa para perusuh yang didukung asing di Iran berlagak memrotes kelemahan yang ada di negara ini, padahal maksud mereka yang sebenarnya justru menghancurkan kekuatan.

Dalam pidato kepada masyarakat dari kota Qom pada peringatan kebangkitan rakyat kota ini melawan rezim Pahlavi pada tahun 1978, Ayatullah Khamenei memastikan para perusuh tidak benar-benar turun ke jalan untuk memprotes kesulitan ekonomi yang dialami bangsa Iran akibat sanksi Barat.

“Tidak ada keraguan bahwa kita dilanda masalah ekonomi dan mata pencaharian sekarang. Tapi, apakah masalah ini bisa diselesaikan dengan membakar tong sampah, turun ke jalan, dan menyulut kerusuhan? Mereka tidak ingin memperbaiki kekurangan, melainkan berusaha melenyapkan kekuatan bangsa Iran,” ujarnya.

Dia menekankan bahwa pihak asing secara terang-terangan terlibat dalam kerusuhan yang melanda Iran beberapa waktu lalu pasca kematian Mahsa Amini, sementara AS dan negara-negara Eropa secara terbuka memicu kerusuhan dengan berbagai cara.

Menurutnya, musuh bertujuan merongrong keamanan nasional Iran, menghentikan kemajuan sains negara ini, menghambat pertumbuhan produksi dalam negeri, merusak sektor yang berkembang pesat seperti pariwisata, dan mereka terlibat  dalam kerusuhan baru-baru ini melalui propaganda berbasis internet dan melalui media Barat dan regional tertentu.

Ayatullah Khamenei menyebut bahwa apa yang dilakukan para perusuh adalah pengkhianatan, dan karena itu dia menyerukan kepada lembaga terkait dan pejabat negara agar serius menindak aksi pengkhianatan. (mm/irna)

Baca juga:

Jenderal Bagheri: Strategi Iran untuk Usir AS Berlanjut

AS Jatuhkan Sanksi Baru terhadap Iran, Produsen Drone Jadi Sasaran

DISKUSI: