Ayatullah Khamenei Kutuk Serangan Udara AS Terhadap Hizbullah Irak

0
137

Teheran, LiputanIslam.com –  Pemimpin Besar Iran Grand Ayatullah Sayid Ali Khamenei mengutuk serangan udara AS terhadap Brigade Hizbullah Irak, yang berafiliasi dengan organisasi relawan besar Al-Hashd al-Shaabi.

“Saya bersama pemerintah dan rakyat Iran mengutuk perlakuan keji AS ini,” ungkap Ayatullah Khameneni melalui akun resmi Twitter-nya, Rabu (1/1/2020), terkait serangan yang terjadi di daerah perbatasan Irak-Suriah pada Ahad malam lalu tersebut.

Menanggapi tuduhan AS bahwa Iran bermain di balik serangan massa pengunjuk rasa terhadap Kedutaan Besar AS di Baghdad, yang terjadi sehari sebelumnya, dia menyatakan bahwa Iran “ketika mengambil keputusan untuk menentang atau memerangi sebuah negara maka akan melalukannya secara terbuka.”

Baca: Setelah Main Gertak, Trump Akhirnya Malah Mengaku Tak Ingin Berperang dengan Iran

Sementara itu, kantor berita resmi Iran, IRNA, mengutip pernyataan Ayatullah Khamenei; “Lihatlah apa yang mereka (AS) lakukan di Irak dan Suriah. Mereka membalas dendam al-Hashd al-Shaabi yang telah menumpas ISIS.”

Pemimpin berserban hitam sebagai tanda keturunan Rasulullah saw ini juga menyebutkan, “Bangsa-bangsa Suriah, Irak, dan Afghanistan muak terhadap AS, dan kemuakan ini merupakan akibat yang wajar dari tindakan-tindakan politik dan keamanan AS di kawasan.”

Baca: Video: Kedubes AS di Baghdad Diserbu Massa, Relawan Berjanji Kepung Semua Kamp Militer AS

Dia menilai apa yang terjadi belakangan ini di Irak sebagai “hasil kemuakan bangsa Irak terhadap AS”. Dia juga menyatakan “Washington bertindak lugu dan tak tahu malu ketika memandang kemarahan orang-orang Irak terhadapnya sebagai perbuatan Iran”. (mm/raialyoum)

DISKUSI: