Komentar Pedas Rouhani untuk AS: “Ini Teluk Persia, Bukan Teluk New York ”

0
631

Presiden Iran, Hassan Rouhani. Sumber foto: The Times Headline

Tehran,LiputanIslam.com—Presiden Iran, Hassan Rouhani, kembali mengingatkan Amerika Serikat (AS) tentang Teluk Persia, menyusul ketegangan yang baru-baru ini terjadi akibat kapal perang AS melintasi perairan tersebut.

“Orang Amerika harus sadar bahwa perairan ini bernama ‘Teluk Persia’, bukan ‘Teluk New York’ atau teluk Washington,’ ucap Rouhani dalam sesi kabinet di Tehran pada Rabu (29/4), saat memperingati hari Teluk Persia Nasional.

Rouhani menjelaskan bahwa kesamaan nama Teluk Persia dengan bangsa Persia menjadi bukti bangsa Iran telah ribuan tahun bertugas mengawasi perairan ini. Atas dasar itu, ia meminta AS untuk mengganggu bangsa Iran.

Menurutnya, selama ini bangsa Iran telah dan akan terus menuai kesuksesan di semua sektor, termasuk menyediakan keamanan di sektor kelautan.

“Angkatan bersenjata Iran, termasuk angkatan laut di bawah naungan Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) atau angkatan darat, begitu juga dengan para pasukan yang ada di Pasukan Penegakan Hukum Iran dan pasukan sukarelawan Basij selalu menjamin keamanan perairan dan pesisir pantai Iran,” tambah Rouhani.

Baca juga:

Video: Pasukan Iran Peringatkan Kapal Perang AS di Teluk Persia

Bencana Corona Iran dan Empati Sebagian Negara Arab Teluk Persia

Ia menyebut, perairan Teluk Persia memiliki kedekatan khusus dengan Republik Islam dan negara itu telah menjadi tuan rumah bagi banyak pengiriman bahan bakar global.

Sebelumnya, Presiden AS Donald Trump menulis lewat twitternya bahwa ia telah memerintahkan angkatan laut AS untuk menghancurkan kapal-kapal Iran yang dianggap menganggu kapal AS. Komentar ini disampaikan usai terjadinya konfrontasi antara kapal perang AS dengan kapal-kapal militer Iran di Teluk Persia beberapa waktu lalu. (fd/Presstv)

 

DISKUSI: