Ayatullah Khamenei: Iran Sekarang Bahkan Lebih Tangguh daripada 10 Tahun Silam

0
94

Teheran, LiputanIslam.com –  Pemimpin Besar Iran Grand Ayatullah Sayid Ali Khamenei kembali menegaskan bahwa sebagaimana AS, Eropa juga tak dapat dipercaya karena mengekor kepada AS, dan Iran kini sudah lebih tangguh dan berpengaruh bahkan daripada kondisinya pada 10 silam.

“Eropa membutuhkan kekuatan dan menggunakan pikiran yang sama dengan AS, namun tampil seolah mediator, padahal janji-janji mereka kosong. Jalan masih terbuka untuk berinteraksi dengan Eropa, tapi kita tidak dapat percaya kepada negara-negara yang secara terbuka memusuhi kita,” ujarnya dalam kata sambutannya saat ditemui oleh ketua dan para anggota Dewan Ahli Kepemimpinan Iran di Teheran, Kamis (26/9/2019), sembari menegaskan bahwa pintu dialog, perundingan, dan pertemuan hanya tertutup bagi Israel dan AS.

Dia menjelaskan bahwa AS dan Eropa takut kepada slogan dan jalan yang ditempuh revolusi Islam Iran sehingga mereka selalu saja berusaha mengesankan bahwa rakyat Iran hanya akan sejahtera apabila Teheran menuruti kemauan dan dikte mereka.

Baca: Presiden Iran Minta Barat Berhenti Pasok Senjata ke Saudi dan UEA

Padahal,  lanjutnya, Iran telah menghasilkan lompatan-lompatan besar di berbagai bidang justru karena berani melawan mereka, dan sekarang mereka ingin membendung lompatan-lompatan ini dengan berbagai macan cara, termasuk dengan menggalang aliansi anti-Iran di kawasan Teluk Persia.

Baca: Komandan IRGC: Kekuatan Kami Melampaui Perbatasan Iran

Ayatullah Khamenei memastikan bahwa Iran sekarang bukan saja lebih tangguh daripada 40 tahun silam, melainkan bahkan juga lebih hebat daripada 10 tahun silam, dan pengaruhnyapun semakin besar di Timur Tengah.  (mm/alalam)

DISKUSI: