Ayatullah Khamenei: Eropa Tak Berhak Bicara Soal Rudal Iran

0
91

Teheran, LiputanIslam.com –  Pemimpin Besar Iran Ayatullah Sayid Ali Khamenei mengecam negara-negara Eropa dengan menegaskan bahwa mereka tak berhak berbicara mengenai proyek rudal Iran.

“Eropa tak berhak berbicara mengenai program rudal kami sementara mereka mereka sendiri memiliki persenjataan nuklir. Mereka bercampur tangan di kawasan kami tapi kemudian meminta kami meninggalkan rudal,” kecamnya.

Ayatullah Khamenei menegaskan bahwa upaya untuk menghapus embargo telah diuji dan dinegosiasikan selama beberapa tahun, namun tidak membuahkan hasil.

Dalam pidatonya pada pertemuan khusus Dewan Tinggi Koordinasi Ekonomi yang melibatkan tiga lembaga pemerintahan Iran, Selasa (24/11/2020), dia menyebut sanksi dan embargo itu sebagai kenyataan pahit serta kejahatan yang dilakukan oleh Amerika Serikat (AS) dan sekutunya di Eropa terhadap bangsa Iran.

“Kejahatan ini sudah sangat lama dipraktekkan terhadap bangsa Iran, hanya saja dalam tiga tahun terakhir ini meningkat,” ujarnya.

Dia lantas menekankan kepada semua pihak di Iran bahwa bangsa Iran mampu menghadapi sanksi itu dengan kerja keras.

“Kita memiliki banyak energi dan kemampuan untuk mengandaskan sanksi, asalkan kita mengerahkan energi dan memecahkan masalah,” katanya.

Dia menyinggung apa yang dikutip situs berita Al-Alam sebagai provokasi Inggris, Prancis dan Jerman belakangan ini.

“Kondisi AS bukannya tidak diketahui, dan Eropapun juga selalu mengambil sikap anti-Iran. Mereka melakukan banyak campur tangan keliru dalam urusan kawasan, tapi di saat yang sama mereka mengatakan kepada kita ‘jangan mencampuri urusan kawasan’. Inggris dan Prancis memiliki rudal nuklir mematikan, dan Jermanpun juga menjalani proses ini, tapi di saat yang sama mereka mengatakan kepada kita ‘jangan sampai kalian memiliki rudal’,” paparnya.

Ayatullah Khamenei lantas menyoal negara-negara Barat itu, “Apa hubungan urusan ini dengan kalian? Benahi diri kalian sendiri baru kemudian melontarkan pernyataan.”

Dia kemudian berpesan kepada bangsa Iran bahwa pihak-pihak asing itu tak dapat dipercaya sehingga tak patut mereka diharapkan akan membuat kelapangan bagi bangsa Iran. (mm/alalam)

Baca juga:

Trump Dikabarkan Berencana Menyerang, Ini Tanggapan Jenderal Iran

Khatibzadeh: Kebijakan Tekanan Maksimum AS Berujung pada Kekalahan Maksimum

DISKUSI: