Ayatullah Khamenei: Ekspansionisme NATO Picu Krisis Ukraina

0
16

Teheran, LiputanIslam.com  Pemimpin Besar Iran Ayatullah Sayid Ali Khamenei menyatakan  masalah utama dalam krisis Ukraina terletak pada obsesi Barat untuk ekspansi Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO).

“Masalah utama terkait dengan Ukraina adalah upaya Barat memperluas NATO, Barat tak segan-segan  memperluas pengaruhnya  di mana pun mereka  dapat  melakukannya,” ujar Ayatullah Khamenei dalam kata sambutannya saat menerima kunjungan Presiden Kazakhstan, Kassym-Jomart Tokayev, di Teheran, ibu kota Iran, Ahad (19/6).

Dia menekankan bahwa perkembangan itu harus dipantau dengan seksama dan cermat, mengingat fakta bahwa Amerika Serikat (AS) dan Barat selalu berusaha untuk memperluas pengaruh mereka di berbagai kawasan Asia Timur maupun Asia Barat (Timur Tengah), dan membidik kemerdekaan dan kedaulatan negara lain.

Mengenai hubungan Iran- Kazakhstan, dia menyinggung ikatan sejarah dan budaya yang sudah lama terjalin antara kedua negara, dan menyerukan perluasan kerjasama di berbagai bidang, terutama dalam format kerjasama regional.

Ayatullah Khamenei menyebutkan bahwa Farabi (Alpharabius), filsuf Muslim asal Kazakstan yang karyanya telah diteliti dan dipelajari di Iran selama seribu tahun, dapat dianggap sebagai dasar kerjasama budaya dan pendirian komite ilmiah bersama antara kedua negara.

Di pihak lain, Presiden Tokayev, mengaku telah mengadakan pembicaraan yang sangat baik dengan Presiden Iran Sayid Ebrahim Raisi, dan menyebutkan bahwa dokumen-dokumen yang ditandatangani oleh kedua belah pihak dapat meletakkan dasar bagi perluasan lebih lanjut hubungan antara kedua negara.

Presiden Kazakh menyebut kesamaan sejarah dan budaya antara Iran dan Kazakhstan sebagai hal yang mengakar, dan menyambut baik usulan Ayatullah Khamenei untuk membentuk komite ilmiah tentang Farabi.

Dia juga mengungkapkan pandangannya tentang isu-isu regional seperti situasi di Ukraina dan menjelaskan kondisi negaranya setelah upaya kudeta yang gagal pada Januari tahun lalu.

Presiden Iran Ebrahim Raisi juga menghadiri pertemuan Ayatullah Khamenei dengan delegasi Kazakhstan. (mm/irna)

Baca juga:

Iran Nyatakan Tak akan Membiarkan Israel Kampanyekan Iranfobia

Iran Pastikan Balasan akan Langsung Menerjang Israel, Bukan lagi di Negara Ketiga  

DISKUSI: