AS Tuding Iran Berencana Pasok Rusia dengan Rudal dan Drone Serang untuk Perang di Ukraina

0
166

Washinton, LiputanIslam.com    Para pejabat keamanan AS dan negara-negara yang bersekutu dengan AS mengklaim bahwa Iran telah memperkuat komitmennya untuk memasok senjata ke Rusia agar digunakan dalam serangan terhadap Ukraina.

Dikutip Rai All-Youm, Senin (17/10), surat kabar AS The Washington Post melaporkan bahwa para pejabat itu mengatakan Teheran diam-diam menyetujui pengiriman drone serang dan rudal permukaan-ke-permukaan pertama buatan Iran agar digunakan untuk menyerang kota-kota dan posisi-posisi pasukan Ukraina.

Menurut laporan itu, peningkatan aliran senjata dari Teheran dapat membantu mengimbangi apa yang disebut para pejabat pemerintahan Presiden AS Joe Biden sebagai kerugian besar dalam peralatan militer Rusia sejak Moskow menginvasi Ukraina Februari lalu, terutama menipisnya dengan cepat pasokan amunisi berpemandu dari tipe yang digunakan dalam serangan Rusia terhadap beberapa kota Ukraina pada pekan lalu.

Dalam beberapa hari terakhir, situs-situs berita independen telah menerbitkan gambar-gambar serpihan apa yang mereka sebut drone buatan Iran yang digunakan Rusia untuk melancarkan serangan terhadap sasaran-sasaran Ukraina, sehingga menimbulkan keraguan terhadap bantahan berulang Teheran terhadap klaim bahwa Iran menyuplai Rusia dengan senjata demikian

Pejabat Pentagon juga secara terbuka membenarkan adanya penggunaan drone Iran dalam serangan udara Rusia, dan keberhasilan Ukraina menembak jatuh beberapa drone Iran.

Menurut beberapa pejabat AS dan negara sekutunya yang disebut-sebut memonitor aktivitas senjata Iran, Teheran pada 18 September lalu mengirim pejabat ke Moskow untuk menyelesaikan persyaratan pengiriman senjata tambahan, termasuk dua jenis rudal permukaan-ke-permukaan buatan Iran. (mm/raialyoum)

Baca juga:

Presiden Iran Tuding Presiden AS Hasut Kekacauan di Iran

Sistem Rudal “Bavar 373” Buatan Iran Masuki Babak Pertama Ujicoba Berjarak Jangkau 300 Km

DISKUSI: