Hasakah, LiputanIslam.com –  AS terus mengirim pasukan militernya ke daerah-daerah ladang minyak yang dikuasi oleh milisi Kurdi di bagian timur laut Suriah.

Sumber-sumber lokal di provinsi Suriah Deir Al-Zour, Suriah, menyebutkan bahwa pasukan AS pada Sabtu malam lalu dari wilayah Irak masuk ke wilayah Suriah dari pintu perbatasan Al-Walid menuju ke ladang-ladang minyak di selatan provinsi Hasakah.

Kantor berita Turki, Anatolia, mendapat keterangan dan beberapa foto yang menunjukkan bahwa sekitar 100 unit truk serta kendaraan roda empat, ambulans, bus, dan mobil tangki bahan bakar terlihat dalam pengiriman bantuan pasukan dan logistik AS tersebut.

Baca: Suriah: AS Gunakan HAM untuk Intervensi Urusan Internal Negara Lain

Pada awal Desember lalu konvoi bala bantuan AS yang terdiri atas 150 unit truk menyeberang dari Irak ke Suriah melalui pintu perbatasan al-Walid dan Zamalka serta bergerak menuju ke ladang minyak Deir Ezzor.

Sebelumnya, Presiden AS Donald Trump bersumbar untuk tidak akan membiarkan organisasi teroris ISIS merebut ladang minyak di Suriah utara.

Baca: Damaskus: Tak Ada Krisis Bernama “Krisis Kurdi”

AS telah berulang kali mengaku akan mempertahankan sebagian pasukannya di Suriah dengan dalih melindungi ladang-ladang minyak, sementara Rusia menuding AS justru mencuri minyak Suriah. (mm/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*