Bagaimana Tentara Irak Gagalkan “Operasi Ghazwah Ramadan” ISIS?

0
202

Baghdad,LiputanIslam.com-Dilansir Fars, serangan-serangan prediktif al-Hashd al-Shaabi dan Tentara Irak atas ISIS terus berlanjut, sehingga sukses mencegah operasi-operasi berbahaya kelompok teroris tersebut.

Dalam laporan tentang operasi-operasi Tentara Irak ini, Sky News menyebut bahwa serangan itu telah melumpuhkan pergerakan ISIS di Irak. Dengan memanfaatkan informasi yang diperoleh, Tentara Irak berhasil menggagalkan aksi-aksi teror ISIS.

Interogasi terhadap para komandan dan anggota ISIS yang ditangkap di daerah Salahudin, utara al-Anbar, selatan Mosul, dan Diyala, menghasilkan sejumlah informasi penting. Informasi-informasi itulah yang melatarbelakangi operasi-operasi prediktif Tentara Irak.

Salah satu komandan ISIS yang ditangkap Tentara Irak adalah Abdunnasir Qardash. Badan Intelijen Irak pada 20 Mei lalu mengumumkan, pihaknya berhasil menjebak Qardash, yang merupakan opsi alternatif untuk menggantikan Abu Bakar al-Baghdadi.

Penangkapan Qardash memberikan “harta karun informasi” kepada Pasukan Irak. Informasi maha penting itu berperan besar dalam menggagalkan serangan ISIS ke berbagai kawasan di Irak.

Menurut Sky News, salah satu kesuksesan besar Pasukan Irak adalah penggagalan operasi ISIS yang bersandi “Ghazwah Ramadan.”

Dalam operasi ini, ISIS berencana melancarkan aksi teror di dalam Baghdad. Mereka akan melakukan teror dengan paket-paket peledak dan mobil-mobil yang dipasangi bom di pasar-pasar ramai Baghdad.

ISIS disebut berupaya memanfaatkan kelimbungan politik yang terjadi di Irak dalam beberapa bvlan terakhir. Mereka juga bermaksud menggunakan kesempatan saat Tentara Irak ditarik ke kota-kota untuk menangani penyebaran Corona. Namun ISIS harus berhadapan dengan respons tegas Tentara Irak.

Tentara Irak memulai operasi di kawasan-kawasan rawan, seperti daerah “Segitiga Kematian” antara Provinsi al-Anbar, Salahudin, dan Nineveh.

Salah satu operasi antiteror yang sukses adalah “Operasi Singa-singa Gurun.” Operasi ini berperan penting dalam menghambat pergerakan ISIS.

Operasi Singa-singa Gurun dilancarkan di 9 titik dengan dukungan Angkatan Udara Irak. Tujuannya adalah mengejar sisa-sisa ISIS dan menangkap para burunan. Semua target ini sukses diwujudkan dalam operasi tersebut.

Baca Juga:

Legislator Irak: Helikopter-helikopter Misterius Mondar Mandir di Kawasan yang Ditempati ISIS

al-Hashd al-Shaabi: ISIS di Irak Terima Bantuan Asing

DISKUSI: