AS: Irak Janji Lindungi Pasukan Barat dari Serangan Milisi Pro-Iran

0
129

Washington, LiputanIslam.com –  Pemerintah Irak berjanji melindungi pasukan Barat yang ditempatkan di Irak, termasuk AS, dari serangan faksi-faksi bersenjata yang didukung Iran.

Hal itu dinyatakan oleh Wakil Asisten Pertama Menteri Luar Negeri AS untuk Urusan Timur Tengah, Jeoy Hood, dalam konferensi pers melalui telepon yang dilakukan untuk menyoroti hasil negosiasi AS-Irak yang diadakan di Washington pada 19 Agustus.

“Kami menegaskan rasa hormat kami kepada kedaulatan Irak, dan ia berjanji untuk melindungi kami dan tamu internasional lainnya dari serangan faksi-faksi bersenjata yang didukung Iran,” katanya, Selasa (25/8/2020).

Hood menyatakan bahwa kedua pihak “dalam pertemuan itu telah memperbaharui kepatuhan masing-masing kepada kemitraan strategis yang berkelanjutan”, dan pihaknya berencana menggelar pertemuan berbagai komite koordinasi AS-Irak untuk lebih memperdalam hubungan bilateral dalam beberapa bulan mendatang.

Pangkalan-pangkalan militer Irak yang menampung pasukan koalisi internasional yang dipimpin oleh AS kerap menjadi sasaran serangan roket. AS menuduh pasukan relawan Irak al-Hashd al-Shaabi yang didukung Iran sebagai pelaku serangan tersebut. (mm/rtarabic)

Baca juga:

Militer Iran Nyatakan akan Balas Secepat Mungkin Ancaman Aliansi Saudi-AS

Rezaei: Iran Masih akan Membalas Darah Jenderal Soleimani

 

DISKUSI: