AS Dikabarkan akan Menempatkan Kubah Besi Milik Israel di Teluk Persia

0
77

TelAviv, LiputanIslam.com –  Amerika Serikat (AS) dilaporkan akan segera menempatkan sistem anti rudal “Kubah Besi” buatan Israel di pangkalan-pangkalan militer AS di kawasan Teluk Persia.

Berdasarkan keterangan para pejabat keamanan AS, surat kabar Israel Haaretz melaporkan bahwa Rezim Zionis Israel menyetujui penempatan Kubah Besi di negara-negara Arab sekitar Teluk Persia setelah Uni Emirat Arab (UEA) dan Bahrain menjalin perjanjian normalisasi hubungan dengan Israel.

Menurut Haaretz, tiga pekan lalu lembaga pertahanan anti rudal Israel yang bernaung di bawah Kementerian Pertahanan telah menyerahkan dua sistem Kubah Besi kepada Kementerian Pertahanan AS, Pentagon.

Sumber-sumber Israel di Kementerian Pertahanan mengatakan, AS telah memperoleh persetujuan awal para pejabat senior Israel untuk memulai penempatan Kubah Besi di pangkalan militer AS di sejumlah negara, termasuk Timur Tengah, Eropa, dan Timur Jauh.

Menteri Pertahanan Israel Benny Gantz pada seremoni penyerahan sistem Kubah Besi kedua kepada AS mengatakan, “Saya yakin sistem ini akan membantu angkatan bersenjata AS melindungi tentaranya di depan ancaman rudal balistik dan udara.”

Menurut Haaretz, para pejabat Israel enggan menyebutkan nama negara-negara yang akan ditempati sistem pertahanan udara Israel itu dengan alasan bahwa masalah ini sensitif bagi AS. Hanya saja, dalam laporan itu disebutkan adanya isyarat Tel Aviv bahwa sistem itu dimaksudkan untuk menghadapi drone Iran.

Pada September 2018 sebuah surat kabar Arab Saudi melaporkan bahwa Riyadh dan Tel Aviv telah meneken kesepakatan Saudi membeli Kubah Besi dari Israel dengan mediasi AS. Meski Kementerian Pertahanan Israel segera membantah laporan itu namun Saudi tak membantah adanya permohonan untuk demikian. (mm/fna)

Baca juga:

Militer Isael akan Gelar Latihan Perang Besar-Besar untuk Antisipasi Perang dengan Iran

Saudi Ungkap Persyaratannya untuk Perjanjian Damai dengan Israel

DISKUSI: