Armada Angkatan Laut Iran Berlayar ke Amerika untuk Pertama Kalinya

0
160

Teheran, LiputanIslam.com   Armada kapal perang Iran akan berlabuh di Pelabuhan Rio de Janeiro, Brasil , dalam beberapa hari mendatang, dalam sebuah kehadiran pertama Angkatan Laut (AL) Iran di perairan Amerika.

Armada kapal perang ke-86 Angkatan Laut Iran, yang terdiri atas kapal perang Dena dan Makran, akan berlabuh di kota pelabuhan Rio de Janeiro di Brasil Tenggara dalam beberapa hari ke depan.

Perjalanan ke Brasil tampaknya merupakan bagian dari misi ke Terusan Panama.

Dena adalah kapal perang kelas Mowj yang bergabung dengan AL Iran pada Juni 2021. Kapal militer tersebut dilengkapi dengan rudal jelajah anti kapal, torpedo, dan meriam angkatan laut. Kapal lain dari armada tersebut adalah Makran, sebuah kapal pangkalan depan dengan berat 121.000 ton.

Teheran telah berulang kali meyakinkan negara-negara lain bahwa militernya mungkin tidak menimbulkan ancaman bagi mereka, dan memastikan bahwa doktrin pertahanannya sepenuhnya didasarkan pada pencegahan.

Dalam beberapa tahun terakhir, AL Iran telah meningkatkan kehadirannya di perairan internasional untuk melindungi rute angkatan laut dan memberikan keamanan bagi kapal dagang dan kapal tanker.

Sejalan dengan upaya internasional melawan perompakan, AL Iran telah melakukan patroli di Teluk Aden dan Samudra Hindia, melindungi peti kemas dagang dan kapal minyak yang dimiliki atau disewa oleh Iran atau negara lain.

AL dalam beberapa tahun terakhir berhasil menggagalkan beberapa serangan perompak terhadap kapal tanker minyak dan kapal dagang Iran dan asing

AL Iran berhasil mengawal lebih dari 10.000 kapal komersial untuk memastikan perjalanan yang aman selama delapan tahun perang Iran-Irak (1980-88). Dan selama 12 tahun terakhir, pasukan itu juga telah menggagalkan ratusan serangan perompak. (mm/fna)

Baca juga:

Kemlu Iran: Barat Klub Teroris Dunia, IRGC Organisasi Anti-Teror Terbesar di Dunia

IRGC Dicap Teroris oleh Parlemen Eropa, Ini Tanggapan Keras Militer Iran

DISKUSI: