Antisipasi Penyebaran Corona, Saudi Liburkan Kegiatan Keagamaan Umum di Semua Masjid

0
156

Riyadh, LiputanIslam.com –  Otoritas Saudi pada Ahad malam (8/3/2020) mengumumkan peliburan sementara kegiatan pendidikan dan keagamaan umum di semua masjid negara ini sejak hari ini, Senin, demi mengantisipasi penyebaran virus corona (Covid-19).

Sebagaimana dilansir kantor berita resmi Saudi, SPA, Kementerian Urusan Islam, Dakwah, dan Bimbingan Abdul Latif bin Abdulaziz al-Sheikh, “telah mengeluarkan keputusan penangguhan pendidikan, program doa, khutbah, dauroh kewanitaan, dan kajian dalam halaqoh-halaqoh hafalan al-Quran di semua universitas dan masjid Kerajaan per Senin sampai pemberitahuan selanjutnya.”

SPA menambahkan bahwa keputusan itu dirilis sebagai upaya menjaga kesehatan para pelajar dan jemaah dan demi menyokong upaya-upaya antisipasi yang dilakukan oleh pihak-pihak terkait untuk melawan penyebaran wabah virus corona.

Hingga Ahad malam Saudi mencatat 11 kasus baru corona, namun belum terpantau adanya pasien meninggal.

Dalam rangka ini pula, Otoritas Hiburan Umum Saudi (GEA) mengumumkan penutupan kawasan Boulevard dan kawasan Winter Windland.

Baca: Kerajaan Saudi Mulai Bebebaskan Para Pangeran Senior Yang Ditangkap

Sementara itu, otoritas wilayah Najran di selatan negara ini mengumumkan bahwa Dirjen Urusan Kesehatan dan wakilnya di wilayah ini dikarantina sambil menunggu rilis hasil tes laboratorium terkait dengan dugaan infeksi virus corona.

Baca: Pompeo dan Kushner Disebut Berperan dalam Penangkapan Para Pangeran Saudi

Kedua pejabat itu dikarantina karena pada pekan lalu telah terlibat dalam misi resmi penjalinan kontrak dengan para dokter dan teknisi di satu di antara empat negara, yaitu Italia, Korea Selatan, Mesir, dan Libanon. Empat negara ini mendapat pantauan khusus dari Kementerian Kesehatan Saudi menyusul merebaknya virus corona. (mm/rt)

DISKUSI: