Ansarullah Yaman Tuding Pasukan Koalisi Jadikan Penduduk Ma’rib sebagai Tameng Hidup

0
169

Sanaa, LiputanIslam.com –  Gerakan Ansarullah di Yaman menuding pasukan koalisi pimpinan Arab Saudi beserta “pasukan bayaran”-nya menjadikan penduduk sipil sebagai tameng hidup karena telah menempatkan penduduk di kamp-kamp di zona-zona militer tempat berkecamuknya pertempuran di sekitar kota Ma’rib.

Dewan Tinggi Pemerintahan, Koordinasi Kemanusiaan dan Kerjasama Internasional Yaman yang berafiliasi dengan Ansarullah dalam sebuah statemennya, Kamis (18/2), menyatakan bahwa sedang terjadi perkembangan cepat di medan pertempuran Ma’rib, yang dapat menyebabkan terjadinya gelombang pengungsian penduduk setelah pasukan koalisi dan pasukan loyalis presiden pelarian Yaman Abd Rabbuh Mansour Hadi serta sekutunya menjadikan penduduk sebagai tameng untuk menghambat gerak maju pasukan Ansarullah yang didukung tentara Yaman.

Statemen itu menyebutkan, “Dalam konteks ini Dewan Tinggi Pemerintahan, Koordinasi Kemanusiaan dan Kerjasama Internasional menyatakan sangat prihatin atas kebersikukuhan milisi Partai Reformasi dan koalisi agresor untuk menjadikan warga sipil sebagai tameng manusia dan tidak membuka jalur kemanusiaan yang aman bagi penyeberangan warga sipil, dan atas upaya menjadikan mereka sebagai kartu penekan di depan masyarakat dan organisasi-organisasi internasional dengan tujuan menghentikan gerak maju tentara dan Lijan Shaabiyah (milisi Ansarullah) serta pembebasan kota ini.”

Ansarullah mendesak Majelis Umum PBB dan organisasi-organisasi peduli HAM agar turun tangan mencegah tindakan pasukan koalisasi dan sekutunya menjadikan warga sipil sebagai tameng hidup. Ansarullah meminta supaya disediakan jalur aman bagi penduduk untuk keluar dari area pertempuran.

Ansarullah mengaku pihaknya memantau dari dekat kondisi penduduk serta mengadakan semua segala persiapan yang diperlukan untuk menerima dan melindungi para pengungsi dari kota Ma’rib.

Namun, lanjut Ansarullah, pihaknya tetap menyerukan kepada lembaga-lembaga internasional meningkatkan upaya serta bekerjasama dengan mereka dalam penyediaan kebutuhan pangan dan tempat tinggal yang diperlukan oleh pengungsi. (mm/alalam)

Baca juga:

Pasukan Koalisi Kirim Pasukan ke Ma’rib untuk Bendung Gerak Maju Ansarullah Yaman

Ansharullah Sebut Biden Tidak Tulus Soal Rencana Penghentian Perang Yaman

DISKUSI: