Sanaa, LiputanIslam.com –  Seorang petinggi gerakan Ansarullah (Houthi) di Yaman menyebut statemen Menteri Luar Negeri Arab Saudi Adel al-Jubeir mengenai keberperanan Ansarullah bagi masa depan Yaman sebagai pernyataan provokatif.

Abdul Malik al-Ajari, anggota biro politik Ansarullah, mengatakan, “Adalah provokasi ketika pihak-pihak asing berbicara mengenai peranan Ansarullah dalam masa depan Yaman, dan seolah peranan ini merupakan anugerah kehormatan yang mereka berikan kepada kami. Ini tak dapat diterima.”

Dia lantas menambahkan, “Cukuplah orang Yaman yang berhak menentukan masa depan dan perannya sendiri, dan pihak asing harus mengerti ini.”

Baca: Kurang dari 24 Jam,  Pasukan Yaman Tembak Jatuh Drone Ketiga Arab Saudi

Seperti telah diberitakan sebelumnya, Menteri Luar Negeri Arab Saudi Adel al-Jubeir ketika menghadiri Dialog Mediteranian di Roma, Jumat (6/12/2019), mengatakan bahwa solusi politik merupakan satu-satunya jalan penyelesaian bagi konflik di Yaman, dan menuding Ansarullah sebagai pihak yang memulai perang.

Baca: Saudi Umumkan Kemungkinan Gencatan Senjata dan Penyelesaian Konflik Yaman

Sembari menyebutkan adanya kemungkinan untuk tercapainya gencatan senjata di Yaman, al-Jubeir mengatakan, “Semua orang Yaman, termasuk Houti memiliki peran dalam masa depan Yaman.” (mm/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*