Ansarullah Ungkap Data Enam Tahun Perang di Yaman

0
332

Sanaa, LiputanIslam.com –  Menjelang genap usia enam tahun perang di Yaman, juru bicara tentara Yaman yang bersekutu dengan gerakan Ansarullah (Houthi) Brigjen Yahya Saree memaparkan data yang dimilikinya terkait dengan hasil perang ini.

Mula-mula dia menyebutkan bahwa jet tempur Saudi selama enam tahun telah melancarkan lebih dari 260,000 kali serangan ke Yaman, yang menjatuhkan puluhan ribu korban tewas dan luka serta hancurnya banyak kota dan desa serta fasilitas umum, termasuk jalan dan masjid, serta infrastruktur milik negara maupun swasta.

Sedangkan pihak tentara Yaman dan Ansarullah telah melancarkan 12,366 operasi militer, yang 6,192 di antaranya merupakan  operasi ofensif, termasuk 167 operasi yang dilakukan dalam dua bulan terakhir. Sedangkan operasi defensif tercatat 6,172 kali dan berhasil membendung gerak maju pasukan koalisi yang dipimpin Saudi.

Menurut Saree, operasi kubu Sanaa yang paling menonjol ialah beberapa operasi yang bersandi “Nasr Minallah”, Al-Buniyan al-Marshush”, “Fa Amkana Minhum” dan “Tawazun al-Rada’”, serta operasi pembebasan kawasan Baida dari kawanan teroris takfiri dan 10 operasi lain yang belum pernah diumumkan di media.

Saree merinci bahwa pasukan sniper pihaknya telah melancarkan 54,025 kali operasi, yang membuat ribuan pasukan lawannya, termasuk tentara Saudi dan pasukan bayaran dari Sudan, tewas. Selain itu, sebanyak 6,385 kali serangan telah dilancarkan ke kendaraan-kendaraan tempur dan peralatan militer pasukan koalisi pimpinan Saudi.

Sedangkan pasukan artileri kubu Sanaa telah melancarkan 59,852 operasi yang 638 di antaranya didukung drone serta berbagai jenis rudal dan roket yang total jumlahnya mencapai lebih dari 10,000 ribu unit.

Sedangkan pasukan pertahanan udaranya telah melancarkan 1,534 operasi yang berhasil merontokkan jet tempur, helikopter, dan drone dengan jumlah total 545.

Yahya Saree menyebutkan bahwa pihaknya sejauh ini telah menembakkan rudal balistik sebanyak 1,348 unit, yang 499 di antaranya mengarah ke wilayah Saudi dan Uni Emirat Arab (UEA), dan melesatkan drone dalam 1,150 operasi serangan – termasuk 572 operasi yang menyasar target di luar Yaman- dan 11,473 operasi pengintaian.

Jubir militer Yaman kubu Sanaa juga mencatat korban tewas dan luka tentara Saudi mencapai sekira 10,400 orang, yang detailnya akan diumumkan pada saatnya yang tepat, sementata korban  tewas dan luka tentara UEA sekira 1,240 orang, pasukan bayaran Sudan 4,416 orang, dan pasukan bayaran dari lain-lain negara 4,218 orang.

Yahya Saree juga menyebutkan bahwa jumlah korban tewas dan luka pasukan kubu Mansour Hadi yang didukung pasukan koalisi mencapai 226,615.  (mm/almasirah)

Baca juga:

Foto Satelit Buktikan Akurasi Serangan Yaman ke Kilang Minyak Saudi

Peta Perang Ma’rib, Kawasan Strategis Sirwah Hampir Jatuh Sepenuhnya ke Tangan Ansarullah

DISKUSI: