Ansarullah: Saudi dan Sekutunya Ingin Keluar dari Perang Yaman Secara Terhormat

0
382

Abdul Aziz bin Habtour

Sanaa, LiputanIslam.com –  Perdana Menteri Pemerintahan Keselamatan Nasional Yaman, Abdul Aziz bin Habtour, yang berkedudukan di Sanaa, ibu kota Yaman, mengatakan bahwa Arab Saudi dan sekutunya berkeinginan keluar dari perang di Yaman, namun masih mencari-cari jalan agar keinginan itu dapat terpenuhi secara terhormat.

Abdul Aziz yang berafiliasi dengan Ansarullah (Houthi) dalam wawancara dengan saluran Al-Mayadeen, Senin (7/6), menyebutkan bahwa kunjungan terbaru delegasi Oman ke Sanaa adalah dalam rangka membantu pengambilan tindakan-tindakan tertentu di lapangan dan di tingkat nasional Yaman.

“Negara-negara agresor sudah kalah perang, namun ingin sedikit memulihkan wibawanya,” ujar Abdul Aziz.

Dia memastikan bahwa Saudi dan sekutunya tak mungkin dapat mengalahkan bangsa Yaman, dan karena itu “Washington dan para pemain lain berusaha mencari jalan keluar yang tepat, sedangkan Oman bersahabat dengan semua”.

Sebuah delegasi tingkat tinggi Oman Sabtu lalu tiba di Sanaa bersama Mohammad Abdul Salam, kepala tim perunding Pemerintahan Keselamatan Nasional Yaman.

Abdul Salam mengatakan bahwa delegasi Oman mendatangi Sanaa untuk mempelajari situasi Yaman dengan bertolak dari prinsip kerukunan hidup bertetangga dan penjagaan kepentingan kolektif.

“Kami berusaha memperbaiki kondisi kemanusiaan dan memajukan proses perdamaian,” ujarnya.

Jumat pekan lalu Menteri Luar Negeri AS Anthony Blinken dalam kontak telefon dengan sejawatnya dari Oman, Badr bin Hamad bin Hamoud Al Busaidi, telah membicarakan upaya penghentian perang Yaman.

Laporan lain menyebutkan bahwa pemimpin Ansarullah Sayid Abdul Malik Al-Houthi telah mengadakan pertemuan dengan delegasi Kantor Kesultanan Oman di Sanaa, Senin. Dalam pertemuan ini keduanya mendiskusikan masalah kemanusiaan dan tema-tema lain yang menjadi minat bersama.

Sebelum itu, delegasi Oman juga mengadakan pembicaraan dengan kepala Dewan Tinggi Politik Yaman Mahdi al-Mashat yang juga berafiliasi dengan Ansarullah di Sanaa. (mm/fna/alalam)

Baca juga:

Delegasi Hamas di Sanaa: Semangat Ukhuwwah Membuat Kami Nyaman di Yaman

Saudi Batasi Penggunaan Toa Masjid, ini Komentar Surat Kabar Inggris

DISKUSI: