Ansarullah Sambut Baik Penyelidikan Independen atas Klaim Jatuhnya Banyak Korban Sipil di Ma’rib

0
346

Sanaa, LiputanIslam.com –  Gerakan Ansarullah yang berkuasa di Sanaa, ibu kota Yaman, memastikan bahwa sasaran yang dirudal oleh kelompok ini di kota Ma’rib tak lain adalah militer militer, bukan lokasi sipil hingga menjatuhkan banyak korban sipil seperti yang diklaim oleh pihak lawan.

Karena itu, petinggi Ansarullah Mohamamad Ali Al-Houthi menegaskan pihaknya menyambut baik jika klaim jatuhnya korban sipil itu diselidiki oleh tim penyidik independen.

“Kami telah menanyakan kepada saudara-saudara di Kementerian Pertahanan Yaman (kubu Sanaa – red.), dan mereka menyatakan bahwa mereka hanya menyerang kamp militer, yang gambarnya ada di bawah ini, dan mereka memiliki apa yang dapat membuktikannya,” ungkap Ali Al-Houthi di halaman Twitternya, Jumat (6/6).

Dia juga mencuit, “Kami menyambut baik dan menuntut penyelidikan oleh komisi independen tentang ini, khusus mengenai apa yang dikatakan di Ma’rib hari ini, atau apa yang intinya ialah terbunuh anak-anak Republik Yaman dan warga sipil di semua propinsi yang diserang oleh AS dan aliansinya.”

Ali Al-Houthi menambahkan bahwa jika nanti ada klaim anti-Ansarullah yang terbukti maka kementerian itu berkewajiban “membayar ganti rugi atau apapun yang mengikatnya”.

“Kami dan saudara-saudara kami dalam pertahanan berkomitmen pada semua arahan yang dikeluarkan oleh pemimpin revolusi (Sayid Abdel Malik Al-Houthi) sejak hari pertama agresi (Saudi dan sekutunya terhadap Yaman), yaitu membalas ke sumber serangan serta tidak menyerang warga sipil, sebagaimana ada dalam undang-undang Yaman. Saya memohon kepada Allah keselamatan bagi semua,” ungkapnya.

Sumber-sumber rumah sakit militer di Ma’rib, yang berafiliasi dengan pemerintahan presiden pelarian Abd Rabbuh Mansour Hadi, mengklaim bahwa jumlah korban tewas bertambah menjadi 21 orang setelah sebelumnya pihak Hadi mengumumkan jatuhnya korban tewas sipil sebanyak 17 orang akibat serangan rudal Ansarullah.

Pemerintahan Hadi menyatakan, “Ledakan yang menghancurkan sebuah pom bensin dan membuat bodi mobil-mobil menjadi arang berasal dari sebuah rudal yang ditembakkan oleh Houthi ke kota ini.”

Sementara itu, juru bicara Angkatan Bersenjata Yaman yang bersekutu dengan Ansarullah, Brigjen Yahya Saree, Ahad, mengumumkan pihaknya telah melancarkan serangan drone ke Pangkalan Udara King Khalid di kota Khamis Mushait, Arab Saudi.

“Dengan pertolongan Allah, pasukan drone telah dapat melancarkan serangan pada dini hari Ahad dengan drone Qasef K2 ke Pangkalan Udara di Khamis Mushait,” ungkapnya.

Dia juga memastikan bahwa serangan ini tepat mengena sasaran. (mm/raialyoum/alalam)

Baca juga:

Delegasi Hamas di Sanaa: Semangat Ukhuwwah Membuat Kami Nyaman di Yaman

Pemimpin Ansarullah: Kami Bagian dari Perimbangan yang Diumumkan oleh Pemimpin Hizbullah

DISKUSI: