Ansarullah Rontokkan Drone Canggih Scan Eagle Buatan AS di Ma’rib

0
249

Sanaa, LiputanIslam.com –  Tentara Yaman dan pasukan Lijan Shaabiya (Ansarullah/Houthi) berhasil menembak jatuh pesawat nirawak (UAV/drone) pengintai canggih jenis Scan Eagle buatan AS milik Arab Saudi di angkasa Provinsi Ma’rib, Yaman, Senin (27/9).

Juru bicara Angkatan Bersenjata Yaman yang bersekutu dengan Ansarullah, Brigjen Yahya Saree, menyatakan, “Dengan pertolongan Allah, pertahanan udara pada pagi hari ini dengan senjata yang sesuai berhasil menembak jatuh pesawat nirawak pengintai jenis Scan Eagle buatan AS.”

Dia menambahkan bahwa pesawat nirawak itu ditembak ketika sedang menjalankan “aksi-aksi agresi” di angkasa distrik Madghal, Provinsi Ma’rib.

Pada 14 Agustus lalu Ansarullah dan sekutunya juga telah merontokkan sebuah drone dari jenis yang sama dengan rudal darat-ke-udara di daerah yang juga sama.

Sebelum itu, pada 20 dan 22 Juni, mereka juga menembak jatuh drone pengintai jenis yang sama di angkasa kawasan Al-Mashjah, distrik Sarwah, Provinsi Ma’rib.

Pesawat nirawak Scan Eagle dibuat oleh Insitu, anak Perusahan Boeng AS. Pesawat seharga US$ 11.25 juta atau lebih dari Rp. 156 miliar ini digunakan untuk mensketsa secara presisi target-target serangan udara.

Keistimewaan drone ini antara lain terletak pada dimensinya yang mungil dibanding drone-drone semisalnya yang digunakan oleh pasukan-pasukan militer, sehingga mudah dibawa ke mana-mana. Pesawat ini juga dilengkapi kamera pengintai tipe electro optical dan kamera lain yang bekerja dengan sinar infra merah. (mm/alalam)

Baca juga:

Pemimpin Ansarullah Serukan Partisipasi Rakyat dalam Peringatan 7 Tahun Revolusi Yaman

Menhan Pemerintah Ansarullah Yaman Pastikan akan Terus Kembangkan Rudal dan Drone

DISKUSI: