Ansarullah Kuasai Penuh Provinsi Al-Baida, Ratusan  Teroris Takfiri Terbunuh dan Terluka

0
224

Sanaa, LiputanIslam.com –  Juru bicara Angkatan Bersenjata Yaman yang bersekutu dengan Ansarullah (Houthi) Brigjen Yahya Saree, menyatakan bahwa pasukan Yaman kubu Sanaa yang terdiri atas tentara Yaman dan para pejuang Lijan Shaabiya yang berafiliasi dengan Ansarullah berhasil membebaskan sepenuhnya provinsi strategis Al-Baida dalam operasi militer bersandi “Fajar Kebebasan”.

Dia menyebutkan bahwa operasi tersebut menyasar sarang-sarang kelompok teroris Al-Qaeda dan ISIS, yang menjalin komunikasi dengan pasukan koalisi yang dipimpin Arab Saudi, dan dalam tempo 48 jam pasukan Yaman berhasil membebaskan distrik Al-Soumaah, Maswarah dan beberapa bagian wilayah Makiras dengan total luas 2700 km persegi.

“Dalam gerak maju pasukan kami untuk pembasmian anasir takfiri, jet-jet tempur koalisi agresor telah melancarkan lebih dari 30 serangan demi melindungi teroris dan mencegah gerak maju pasukan kami. Dalam operasi ini pasukan rudal dan drone kami melancarkan 10 operasi serangan ke posisi-posisi musuh. Dengan operasi ini provinsi Al-Baida berhasil dibebaskan sepenuhnya,” ungkap Saree, Kamis (23/9).

Dia juga menjelaskan, “Dalam operasi Fajar Kebebasan sekira 230 anasir takfiri dan antek musuh terbunuh, terluka dan tertawan, dengan rincian; 70 takfiri dan antek terbunuh, 120 lainnya terluka, 40 orang tertawan, dan 10 kendaraan lapis baja dan non lapis baja hancur atau rusak.  Pasukan Yaman telah merebut banyak perlengkapan militer dan amunisi, dan mengendalikan 70 kamp takfiri. Pasukan kami juga berhasil membebaskan sejumlah warga yang disandera oleh para takfiri.”

Yahya Saree menambahkan, “Begitu daerah-daerah ini berhasil dibebaskan dan dibersihkan, pihak-pihak yang bertanggungjawab di sana, terutama pemerintah lokal, ditugaskan memulihkan keadaan bersama Angkatan Bersenjata. Penduduk Al-Baida sekarang berada di sisi saudara-saudara mereka dari Angkatan Bersenjata, Lijan Shaabiya dan pasukan keamanan untuk menjaga keamanan dan stabilitas daerah mereka. Kami mengkonfirmasi pentingnya peran suku-suku Al-Baida, para pemuka dan tokoh masyarakat serta penduduk dalam pertempuran yang determinan secara nasional ini.”

Provinsi Al-Baida dinilai sangat strategis karena terletak di bagian tengah Yaman dan bersebelah dengan delapan provinsi penting, yaitu Sanaa, Dhamar, Ma’rib, Ibb, Lahij, Abyan, Shabwah dan Dalea. Al-Qaeda dan ISIS semula beraktivitas di beberapa daerah provinsi ini demi kepentingan pasukan koalisi yang dipimpin Arab Saudi. Dalam beberapa bulan terakhir, tentara Yaman dan pasukan Lijan Shaabiya bergerak maju di provinsi tersebut hingga kemudian berhasil menguasainya secara penuh. (mm/fna)

Baca juga:

Pemimpin Ansarullah Serukan Partisipasi Rakyat dalam Peringatan 7 Tahun Revolusi Yaman

Menhan Pemerintah Ansarullah Yaman Pastikan akan Terus Kembangkan Rudal dan Drone

DISKUSI: