Ansarullah Gempur Saudi dengan Sejumlah Rudal Balistik dan Drone

0
452

Sanaa, LiputanIslam.com –  Tentara Yaman yang bersekutu dengan gerakan Ansarullah (Houthi) mengumumkan pihaknya telah melancarkan serangan ke beberapa posisi militer di Arab Saudi dalam 24 terakhir.

Juru bicara tentara Yaman Brigjen Yahya Saree, di Twitter pada Ahad malam (27/6) menyatakan, “Pasukan rudal dan drone telah berhasil melancarkan operasi militer gabungan ke beberapa posisi sensitif di berbagai kawasan Najran, Abha dan Khamis Mushait dengan lima rudal balistik dan lima drone.”

Dia menambahkan bahwa serangan itu “menyasar kamp Garda Nasional di Najran, posisi-poisisi di Bandara Internasional Abha, dan Pangkalan Udara King Khalid di Khamis Mushait”.

Dia juga memastikan bahwa serangan itu tepat mengena sasaran, dan dilakukan sesuai “hak kami yang sah dalam membalas berlanjutnya agresi dan blokade (pasukan koalisi yang dipimpin Saudi) terhadap Yaman”.

Di pihak lain, pasukan koalisi menyatakan bahwa sistem pertahanan udara Saudi telah mencegat dan menghancurkan dua rudal balistik yang dilesatkan Ansarullah ke arah Khamis Mushait.

Sejak tahun 2014 Yaman dilanda konflik antara Ansarullah dan pemerintahan presiden Yaman Abd Rabbuh Mansour Hadi yang berujung kaburnya Hadi dari Sanaa, ibu kota Yaman.

Konflik ini membesar setelah pasukan koalisi pimpinan Arab Saudi melakukan intervensi militer dengan dalih demi membela Mansour Hadi sejak Maret 2015.

Sejak intervensi itu korban dalam jumlah besar berjatuhan. Jumlah korban tewas dan luka puluhan ribu orang.

Menurut catatan PBB, lebih dari tiga juta orang mengungsi dan lebih dari sepertiga populasi negara ini, membutuhkan bantuan. PBB juga menyebut krisis Yaman sebagai yang terburuk di dunia di masa kontemporer. (mm/raialyoum/fna)

Baca juga:

Serangan Drone Ansarullah Tewaskan dan Lukai Puluhan Pasukan Saudi Dekat Perbatasan

Kehebatan Ansarullah di Medan Tempur Paksa AS Akui Eksistensi Ansarullah

DISKUSI: