Ansarullah Gempur Bandara Saudi Sehari Setelah Riyadh Ajukan Usulan Damai

0
289

Juru bicara militer Yaman, Brigjen Yahya Saree

Sanaa, LiputanIslam.com –   Juru bicara militer Yaman, Brigjen Yahya Saree, yang bersekutu dengan gerakan Ansarullah (Houthi) mengumumkan pihaknya telah menyerang sebuah bandara di selatan Arab Saudi dengan pesawat nirawak (drone), sehari setelah Kerajaan Saudi mengajukan usulan baru perdamaian yang mencakup gencatan senjata di seluruh wilayah Yaman.

“Dalam pembalasan yang sah dan wajar atas eskalasi agresi dan blokade yang menyeluruh terhadap negara kami, pasukan drone telah melancarkan serangan ke Bandara Internasional Abha dengan drone jenis Qasif K2 pada sore hari ini,” ungkap Saree di halaman Twitternya, Selasa (23/3).

Dia memastikan bahwa serangan itu tepat mengena sasaran yang diincar, dan bahwa serangan demikian akan terus dilakukan “selagi agresi dan blokade masih berlanjut”.

Belum ada konfirmasi dari pihak Saudi ataupun koalisi yang dipimpinnnya mengenai serangan drone dari Yaman tersebut.

Yahya Saree menambahkan bahwa pertahanan udara Yaman “berhasil menjatuhkan drone pengintai dan tempur jenis MQ-9 buatan AS yang terbang dan menjalankan misi agresi di angkasa Ma’rib pada sore hari ini”.

Dia menyebutkan bahwa drone itu ditembak jatuh dengan rudal memadai yang belum pernah diumumkan tipenya.

Seperti pernah diberitakan, Menteri Luar Negeri Saudi Pangeran Faisal bin Farhan Al-Saud Senin lalu mengumumkan usulan damai baru Riyadh untuk mengakhiri perang di Yaman, yang mencakup “gencatan senjata di seluruh penjuru negara ini di bawah pengawasan PBB”.

Inisiatif Riyadh itu mendapat sambutan baik dari beberapa negara, termasuk AS, demikian pula pemerintahan presiden pelarian Yaman Abd Rabbuh Mansour Hadi, namun diabaikan oleh Ansarullah dengan alasan bahwa usulan itu “tidak mengandung sesuatu yang baru”.

Ansarullah juga memperingatkan bahwa usulan damai hanya akan layak dipandang serius apabila unsur kemanusiaan seperti pembukaan bandara dan pelabuhan tidak dijadikan sebagai alat tawar. (mm/raialyoum/alalam)

Baca juga:

Saudi Ajak Damai, Ansarullah Yaman Nyatakan Tetap akan Bebaskan Ma’rib dan Wilayah Lain

Babak Belur Digempur Ansarullah Yaman, Saudi Ajukan lagi Usulan Damai

DISKUSI: