Ankara Ingin Normalisasi Hubungan dengan Damaskus, Pemberontak Suriah Ketar-Ketir

0
370

Ankara, LiputanIslam.com   Kubu oposisi,  pemberontak, dan teroris bersenjata di Suriah kecewa dan gelisah menyusul santernya pemberitaan bahwa Ankara, yang selama ini getol mendukung mereka, belakangan malah memperlihatkan minatnya untuk menormalisasi hubungan dengan Damaskus.

Kubu itu mendesak Turki agar menegaskan kembali dukungannya kepada tujuan mereka menyusul pembicaraan tingkat tertinggi antara Ankara dan Damaskus selama Suriah dilanda perang sejak tahun 2011.

Menurut seorang pejabat Turki,Menhan Turki dan Suriah bertemu di Moskow pada 28 Desember dengan topik pembicaraan mengenai migrasi dan militan Kurdi berdasarkan perbatasan Suriah-Turki. Hal ini tak pelak membangkitkan kecewa dan kegelisahan kubu oposisi Suriah.

Kepala Hayat Tahrir al-Sham , yang semula bernama Jabhat al-Nusra, cabang Al-Qaeda di Suriah dan turut getol memerangi pemerintah Suriah, dalam sebuah video yang dirilis pada hari Senin lalu menyebut  pembicaraan antara Suriah, Rusia dan Turki sebagai “penyimpangan yang berbahaya”.

Ahrar al-Sham, kelompok teroris lain, menyatakan bahwa meskipun dapat “memahami situasi sekutu Turki kami”, mereka bahkan “tidak dapat berpikir untuk berdamai” dengan pemerintah Suriah.

Ankara berusaha meyakinkan oposisi dengan pernyataan Menteri Pertahanan Turki Hulusi Akar bahwa Turki tidak akan mengambil langkah apa pun yang akan menimbulkan masalah bagi mereka.

“Seharusnya mereka tidak mengambil sikap berbeda dengan mengandalkan provokasi atau berita bohong,” kata Akar, Rabu (4/1).

Sehari sebelumnya, Koalisi Nasional Suriah, sebuah organisasi payung oposisi, menemui Menlu Turki Mevlut Cavusoglu, dan dia pun lantas meyakinkan bahwa Turki akan terus mendukung “institusi oposisi Suriah dan warga Suriah di daerah yang dikuasai oposisi”, menurut keterangan kepala pemerintah sementara oposisi yang didukung Turki, Abdurrahman Mustafa. (mm/aljazeera)

Baca juga:

Wapres Iran:  Pemimpin Besar Iran Rontokkan Konspirasi Musuh terhadap Suriah

Pasukan AS di Suriah Diserang Roket, Diduga Kuat Jatuh Korban

DISKUSI: