Anggota Parlemen Iran Sebut Ada Setiga Israel, Turki dan Azerbaijan Anti-Iran

0
231

Teheran, LiputanIslam.com –   Komandan pasukan penjaga perbatasan di kepolisian Iran Brigjen Ahmad Ali Kudarzi menyatakan Teheran memantau spionase Israel di titik-titik konsentrasi para agen Israel di Republik Azerbaijan yang bertetangga dengan Iran.

“Orang-orang Israel berkonsentrasi di titik-titik penting dan sensitif Azerbaijan dan berusaha memata-matai Iran,” lanjutnya dalam sebuah pernyataan yang ditayangkan oleh stasiun televisi Iran, Jumat (8/10).

Sebelumnya, Mojtaba Zunnouri, anggota Komisi Keamanan Nasional Parlemen Iran, menyebutkan adanya “segi tiga keji” anti-Iran, mengacu pada persekutuan Azerbaijan dengan Turki dan Israel. Dia juga menyebutkan adanya “fitnah” yang dilakukan Azerbaijan di wilayah perbatasan negara ini dengan Iran.

“Para penguasa Turki, Azerbaijan dan Israel bertindak anti-Iran melalui segi tiga keji dan menciptakan krisis di mana mereka sendirilah yang akan tenggelam di dalamnya dan rugi,” tegasnya.

Dia mengingatkan bahwa keamanan akan tegak di kawasan sekitar jika negara-negara yang ada di dalamnya mengaikan keamanannya dengan keamanan Iran.

“Dengan membangkitkan fitnah di kawasan, Azerbaijan akan terjerumus ke dalam lobang jebakan yang dibuat oleh Israel,” pungkasnya.

Pada Selasa lalu militer Turki dan Azerbaijan menggelar latihan militer bersama bersabdi Indestructible Brotherhood-2021 di Daerah Otonomi Nakhchiva setelah pasukan Iran menggelar latihan militer di wilayah perbatasan negara ini dengan Azerbaijan. (mm/raialyoum/dailysabah)

Baca juga:

IRGC Nyatakan Belum Ada Ketegangan di Wilayah Perbatasan Iran-Azerbaijan

[Video:] Menegangkan, Kapal Cepat Pasukan Elit Iran Kejar dan Kepung Kapal Cepat Tentara AS

DISKUSI: