[Video:] Menegangkan, Kapal Cepat Pasukan Elit Iran Kejar dan Kepung Kapal Cepat Tentara AS

0
767

Teheran, LiputanIslam.com –   Berbagai media Iran melaporkan bahwa kapal-kapal cepat pasukan elit Iran Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) telah mengejar sebuah kapal Angkatan Laut AS di perairan Teluk Persia.

Stasiun televisi resmi Iran, Kamis (7/10), menayang kan rekaman video yang diambil dari salah satu kapal cepat IRGC pada jarak hanya beberapa meter. Dalam rekaman itu terlihat sebuah kapal berbendera AS dengan sejumlah awaknya dikejar dan dikepung oleh kapal-kapal cepat pasukan IRGC di area tak jauh dari kapal induk AS yang juga terlihat dalam rekaman.

Dalam rekaman itu terdengar suara seorang anggota IRGC berseru, “Terus kejar mereka!”. Terdengar pula suara, “Saya merekamnya.”

Menurut saluran berita berbahasa Arab Al-Alam milik Iran, video itu dipublikasi oleh IRGC dan memperlihatkan keberanian dan kemampuan mereka mengejar pasukan AS serta keunggulannya di perairan Teluk Persia.

Tak disebutkan kapan peristiwa menegangkan itu terjadi, dan video itu disiarkan bersamaan dengan peringatan hari nasional IRGC.

Di pihak lain, Kementerian Pertahanan AS, Pentagon, menyatakan telah melancarkan “manuver tak aman dan tak profesional” di depan kapal-kapal AL AS di Selat Hormuz.

Jubir Pentagon John Kirby menyatakan bahwa sebuah kapal milik pasukan penjaga pantai AS telah melepaskan sekira 30 tembakan peringatan setelah 13 kapal cepat Iran mendekati kapal-kapal perang AS di Selat Hormuz.

Dikutip Reuters, dia menyebutkan bahwa tembakan peringatan itu dilepaskan setelah kapal-kapal cepat Iran mendekat sejarak 450 kaki dari enam kapal yang menyertai kapal selam Georgia.

Dia juga mengklaim bahwa kapal-kapal cepat Iran menyingkir setelah tembakan peringatan dilepaskan oleh pasukan dari senapan mesir kaliber 0.50.

Berbeda dengan klaim Pentagon, Al-Alam menyebutkan bahwa peristiwa itu justru menunjukkan kemampuan IRGC di depan pergerakan kapal-kapal militer AS dan pasukan asing lainnya.

“Ini membuktikan keberdayaan AL IRG atas orang-orang AS…  Kapal-kapal cepat IRGC berkuasa penuh atas pergerakan  kapal-kapal asing di Laut Oman dan Teluk Persia,” tulis Al-Alam. (mm/alalam/rt)

Baca juga:

Iran Dilaporkan Tinggal Sebulan untuk Menghasilkan Bom Nuklir, Apa yang Bisa Dilakukan Israel?

Menlu Iran di Moskow Bicara Soal Perundingan Nuklir dan Hubungan dengan Arab Saudi

DISKUSI: