Anggota Parlemen Irak Tuding AS dan Sejumlah Negara Arab Terlibat Kerusuhan Basrah

0
65

Baghdad, LiputanIslam.com –  Seorang anggota senior parlemen Irak, Mohammad al-Baldawi, mengatakan bahwa AS dan beberapa negara Arab Teluk Persia terlibat dalam kekacauan dan kerusuhan di Basrah, Irak Selatan.

“Mereka yang membujuk orang untuk melakukan kekerasan adalah tentara bayaran AS dan negara-negara Arab Teluk Persia, dan mereka bertujuan melakukan tindakan sabotase dan menimbulkan kekacauan,” kata al-Baldawi, seperti dikutip oleh situs berita berbahasa Arab al-Mawazin , Ahad (23/8/2020).

Dia menambahkan bahwa AS dan sekutu Arabnya telah memulai plot untuk membakar Irak Selatan setelah menerapkan plot serupa di bagian utara dan barat negara itu dengan menggunakan sisa-sisa kawanan teroris ISIS.

“Kekuatan regional berada di balik kekerasan dan kekacauan yang terjadi di provinsi Basra dan Dhi Qar,” kata al-Baldawi.

Perdana Menteri Irak Mustafa Al-Kadhimi segera mendatangi Basrah untuk menemui pejabat keamanan pada Sabtu malam, hanya beberapa jam setelah pulang dari kunjungan resminya ke AS, dan setelah sekian hari terjadi aksi protes jalanan di kota itu.

Dia didampingi oleh delegasi keamanan tingkat tinggi, termasuk menteri pertahanan serta kepala badan keamanan nasional dan Layanan Penanggulangan Terorisme.

Demonstran terlibat bentrok dengan pasukan keamanan, dan melemparkan bom molotov. Juru bicara Komisi Tinggi Independen Hak Asasi Manusia, Ali Al Bayati, mencatat sedikitnya delapan personel keamanan terluka dalam bentrokan itu. (mm/fna)

Baca juga:

Dianggap Berbahaya, AS Dituntut Pindahkan Gudang Senjata dari Sekitar Bandara Baghdad

Dua Perwiranya Tewas, Irak Kerahkan Pasukan Bersenjata Berat ke Perbatasannya dengan Turki

DISKUSI: