Dua Perwiranya Tewas, Irak Kerahkan Pasukan Bersenjata Berat ke Perbatasannya dengan Turki

0
81

Baghdad, LiputanIslam.com –  Irak mengerahkan pasukan bersenjata berat ke daerah perbatasannya dengan Turki sehari setelah dua perwira seniornya terbunuh akibat serangan drone Turki di wilayah Kurdistan Irak di mana Turki membombardir posisi-posisi gerilyawan Partai Pekerja Kurdi (PKK).

Walikota Sidakan di bagian utara Provinsi Erbil, Ihsan Chalabi, Rabu (12/8/2020), mengatakan kepada Shafaq News bahwa pasukan penjaga perbatasan mendatangkan lebih banyak pasukan serta senjata berat dan menengah untuk dikerahkan di perbatasan Irak-Turki, dan anggota PKK diberi tahu agar tidak terkena pengerahan ini.

Menurutnya, sejauh ini suasana di perbatasan tenang dan tidak ada ketegangan pasca pengeboman kemarin.

Tewasnya dua perwira Irak pada hari Selasa lalu mendorong Baghdad untuk mengambil tindakan yang lebih ketat, karena Kementerian Luar Negeri Irak mengumumkan bahwa Baghdad tidak lagi bersedia menerima kunjungan Menteri Pertahanan Turki yang dijadwalkan hari ini, Kamis, suatu tindakan pertama yang dapat memicu krisis diplomatik antara kedua negara bertetangga ini.

Juru bicara angkatan bersenjata Irak, Mayjen Yahya Rasul, meminta pasukan Turki mengklarifikasi apa yang dia sebut “kejahatan terkutuk” dan menghukum orang-orang yang bersalah, demi menjaga kerukunan bertetangga dan hubungan kedua negara.

Chalabi mengatakan serangan pesawat tak berawak di wilayah Pradost menarget  para komandan penjaga perbatasan Irak saat mereka sedang mengadakan pertemuan dengan militan PKK.

Para saksi melaporkan bahwa sehari sebelumnya terjadi bentrok antara PKK dan pasukan Irak, dan sumber-sumber lokal mengatakan serangan drone itu menyasar pertemuan darurat yang diadakan untuk mencoba menenangkan ketegangan.

Di pihak lain, meski diprotes keras oleh Irak, Turki menegaskan pihaknya berhak melanjutkan serangan PKK yang oleh Turki, AS, dan Uni Eropa dianggap sebagai organisasi teroris.(mm/alalam/aljazeera)

Baca juga:

Dua Perwira Senior Irak Tewas Diserang Turki, Kunjungan Menhan Turki ke Baghdad Dibatalkan

Konvoi Pasukan Koalisi Internasional Mendapat Serangan lagi di Irak

..

DISKUSI: