Anggota Parlemen Irak: Sebagian Pangkalan Ain Assad Hancur Lebur

0
184

Salah satu foto yang viral dan disebutkan sebagai kondisi Lanud Ain Assad pasca serangan rudal IRGC.

Baghdad, LiputanIslam.com –  Naim al-Aboudi, anggota koalisi al-Fath di parlemen Irak, menyatakan bahwa gempuran rudal Iran telah membuat sebagian Pangkalan Udara (Lanud) Ain Assad hancur lebur.

Dalam wawancara dengan TV Al-Mayadeeen, Rabu (8/1/2020), dia mengatakan bahwa serangan balasan Iran atas kematian jenderal tersohornya, Qassem Soleimani, yang terbunuh oleh serangan udara di Baghdad Jumat lalu telah membuat bagian Lanud Ain Assad yang ditempati oleh pasukan AS hancur lebur.

Baca: Penasehat IRGC Pastikan Rombongan Komandan Soleimani Diserang oleh Helikopter, bukan Drone

Lanud Ain Assad merupakan lanud terbesar yang ditempati AS di Irak dengan luas 10 kilometer atau setara dengan luas Zona Hijau di Baghdad. Lanud itu terletak di barat Baghdad sejarak sekira 200 kilometer di dekat Sungai Eufrat di distrik al-Baghdadi di bagian barat Provinsi Anbar.

Dini hari Rabu kemarin Unit Pasukan Dirgantara Korps Garda Revolusi Islam Iran (IRGC/Pasdaran) menggempur lanud tersebut dengan puluhan rudal. Pemimpin Besar Iran Ayatullah Sayid Ali Khamenei menyebut serangan itu “baru tamparan”, sedangkan “pembalasan lain lagi”.

Baca: Pemimpin Iran: Semalam AS Telah Ditampar, Balas Dendam Lain Lagi/Jangan Salah Mengenal Musuh

Para netizen di media sosial telah memublikasi beberapa foto awal yang dinyatakan sebagai kondisi terkini Lanud Ain Assad pasca gempuran rudal IRGC.

Disebutkan bahwa foto-foto itu merupakan hasil pencitraan satelit yang dirilis oleh Perusahaan Planet. Dalam foto-foto itu terlihat lima titik kehancuran di lanud tersebut akibat gempuran rudal Iran. (mm/far/alalam)

DISKUSI: