3500-an Pusat Pendidikan Yaman Terkena Dampak Invasi Militer Saudi dan Sekutunya

0
331

Sanaa, LiputanIslam.com –  Seorang pejabat tinggi Yaman menyatakan sedikitnya 3.526 pusat pendidikan di negara ini terkena dampak invasi militer Arab Saudi dan sekutunya yang sudah memasuki tahun keenam.

Seperti dilaporkan Press TV, Ahad (5/4/2020), Wakil Menteri Pendidikan Yaman Abdullah al-Naami pada konferensi pers di Sanaa, ibu kota Yaman, menyatakan bahwa serangan Saudi yang berdampak pada pendirikan itu bertujuan menyekap bangsa Yaman dalam kegelapan.

Menurutnya, pasukan koalisi pimpinan Arab Saudi telah menarget guru dan siswa Yaman selama lima tahun terakhir, dan sebanyak 402 sekolah hancur total terkena operasi militer mereka.

Baca: Ansarullah dan Saudi Saling Tuding Serang Fasilitas Minyak di Yaman

Dia juga merinci bahwa sebanyak 1.465 pusat pendidikan mengalami kerusakan parsial, 666 lainnya terpaksa ditutup, dan 993 gedung sekolah dipakai untuk menampung para pengungsi.

Naami menambahkan serangan Saudi dan pasukan bayarannya menyasar terutama sekolah-sekolah di provinsi Ta’iz, Sa’ada, Hajjah, dan Sanaa.

Baca: Sudah Hancur Akibat Perang dan Kelaparan, Kini Rakyat Yaman Dihantui ‘Senjata’ Covid-19 Arab Saudi

Menurutnya, hampir 200.000 guru tak dapat menerima gaji akibat blokade yang diberlakukan Saudi terhadap Yaman, dan sebanyak lima juta siswa Yaman juga telah terdampak secara pendidikan dan psikologis. (mm/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS: