Ansarullah dan Saudi Saling Tuding Serang Fasilitas Minyak di Yaman

0
388

Sanaa, LiputanIslam.com –  Juru Bicara untuk Angkatan Bersenjata Yaman Brigjen Yahya Saree membantah keras tuduhan pihak Arab Saudi bahwa tentara Yaman bersama para pejuang Lijan Shaabiyah yang berafiliasi dengan Ansarullah (Houthi) telah menyerang stasiun pompa minyak di provinsi pusat Ma’rib, Yaman.

“Sejak awal agresi brutal terhadap negara kami, kami berkomitmen menyelamatkan instalasi nasional, yang melayani semua maupun sebagian orang,” ungkap Saree, seperti dikutip stasiun televisi al-Masirah milik Ansarullah, Ahad (5/4/2020).

“Rudal dan drone kami menjangkau wilayah kedalaman musuh dan menyasar instalasi-instalasinya, tapi kami tidak pernah menyerang fasilitas nasional apapun di negara kami.”

Sebelumnya di hari yang sama, Wakil Menteri Luar Negeri Yaman, Hussein al-Ezzi, justru balik menuding pasukan koalisi pimpinan Saudi telah melakukan “eskalasi militer berbahaya” dengan menyerang stasiun pompa minyak Kofel.

Baca: Sudah Hancur Akibat Perang dan Kelaparan, Kini Rakyat Yaman Dihantui ‘Senjata’ Covid-19 Arab Saudi

Kantor berita resmi Saudi, SPA, mengklaim bahwa Ansarullah dan sekutunya telah menyerang fasilitas  pipa minyak di ladang minyak Safar di Ma’rib hingga menyebabkan kerusakan.

Baca: Militan Dukungan UEA Curi Bantuan Medis WHO di Aden-Yaman

Jet-jet tempur pasukan koalisi pimpinan Saudi hari itu juga melancarkan sepuluh serangan udara ke distrik Hazm di provinsi al-Jawf, dan enam serangan udara ke distrik Harad di provinsi Hajjah. (mm/presstv/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS: